Sukses

Sinopsis Film Kromoleo, Film Horor Terbaru Garapan Anggy Umbara

Film horor Kromoleo diangkat dari urban legend yang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar lereng Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah. Konon, sosok tersebut berwujud sekumpulan orang dengan jubah hitam yang membawa keranda mayat.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bioskop Tanah Air bakal kembali diisi dengan film horor terbaru garapan Anggy Umbara. Adalah film Kromoleo yang diangkat dari urban legend Magelang.

Film horor Kromoleo diangkat dari urban legend yang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar lereng Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah. Konon, sosok tersebut berwujud sekumpulan orang dengan jubah hitam yang membawa keranda mayat. 

Mitosnya, jika hantu kromoleo lewat di salah satu desa, maka akan ada warga desa yang meninggal. Adapun istilah nama Kromoleo diambil dari suara seperti ‘moleo, moleo, moleo, kromoleo’ dari makhluk tersebut.

Film produksi Imperial Pictures dan Umbara Brothers Film ini rencananya akan tayang tahun ini. Baru-baru ini, official teaser trailer film ini telah dirilis.

Secara garis besar, film Kromoleo mengambil latar waktu pada 1984. Sosok mitos itu kembali muncul dan menjadi ancaman bagi seluruh warga desa.

Dalam video teaser trailer berdurasi 1 menit itu, tampak beberapa warga sedang menggali sebuah kuburan. Kemudian muncul karakter Zia (Ratu Sofya) dan Dika (Abun Sungkar).

"Bertahun-tahun aku tunggu kamu datang, semua yang mati malam ini karena kromoleo," bunyi penggalan percakapan dalam teaser trailer film Kromoleo.

Sebelum teror kromoleo terjadi, tepat pada hari itu mereka datang ke desa untuk pertama kalinya. Dika dan Zia sama sekali tidak mengetahui tentang keberadaan hantu kromoleo yang menjadi urban legend masyarakat lokal karena mereka datang dari kota.

Dalam teaser trailer tersebut juga menampilkan beberapa pemain lainnya, seperti Totos Rasiti dan Vonny Anggraini. Pada malam itu, mereka mereka dikejutkan dengan sosok misterius yang mengetuk pintu rumahnya.

Sejauh ini, belum ada tanggal resmi penayangan film Kromoleo. Film Kromoleo garapan Anggy Umbara akan menambah deretan karya populer sang sutradara setelah sebelumnya sukses menggarap Bernapas dalam Kubur (2018), Satu Suro (2019), Si Manis Jembatan Ancol (2019), Siksa Neraka (2023), Munkar (2024), dan yang terbaru Vina: Sebelum 7 Hari (2024).

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini