Sukses

Anti-Alot, Berikut Tips Mengolah Daging Agar Empuk

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah memasak daging terlalu lama. Hal ini dapat membuat daging menjadi keras dan kering.

Liputan6.com, Jakarta - Daging yang empuk adalah kunci untuk hidangan yang lezat. Namun, seringkali mengolah daging agar empuk bisa menjadi tantangan bagi banyak orang.

Tapi jangan khawatir, dengan beberapa tips sederhana, Anda dapat menciptakan hidangan daging yang empuk dan lezat setiap kali.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pemilihan Daging yang Tepat

Pemilihan jenis daging yang sesuai sangat penting untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan. Pilihlah potongan daging yang berlemak dan memiliki sedikit serat otot.

Potongan daging seperti tenderloin, sirloin, atau chuck roast biasanya lebih empuk dan cocok untuk dimasak dengan berbagai metode.

2. Perendaman dengan Bahan Pengempuk Alami

Sebelum memasak, rendam daging dalam campuran bahan pengempuk alami seperti cuka, jus jeruk, atau wine. Asam dalam bahan-bahan ini akan membantu melonggarkan serat otot daging dan membuatnya lebih empuk. Rendam daging selama beberapa jam di lemari es untuk hasil terbaik.

3. Tenderizer

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk merendam daging dalam bahan-bahan alami, Anda juga bisa menggunakan tenderizer daging yang tersedia di toko-toko.

Tenderizer mengandung enzim yang membantu melunakkan serat otot daging dengan cepat. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pukul-pukul Daging

Untuk daging yang lebih tebal, seperti steak, Anda dapat memukulnya dengan palu daging sebelum memasak. Proses ini akan merusak serat otot dan membuat daging menjadi lebih empuk. Pastikan untuk memukul daging dengan lembut dan merata untuk hasil terbaik.

5. Metode Pemasakan yang Tepat

Pemilihan metode pemasakan yang sesuai juga sangat penting untuk menghasilkan daging yang empuk. Metode seperti memasak dengan perlahan (slow cooking), merebus, atau memanggang dengan suhu rendah dapat membantu melunakkan daging secara merata.

6. Jangan Overcook

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah memasak daging terlalu lama. Hal ini dapat membuat daging menjadi keras dan kering. Pastikan untuk memantau daging secara teratur saat memasak dan mengambilnya dari panas saat sudah mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

7. Istirahatkan Daging

Setelah dimasak, biarkan daging istirahat selama beberapa menit sebelum dipotong dan disajikan. Proses istirahat ini memungkinkan jus dalam daging untuk meresap kembali ke dalam serat otot, sehingga menghasilkan daging yang lebih empuk dan lezat.

Dengan mengikuti tips-tips sederhana di atas, Anda dapat mengolah daging agar empuk dan lezat setiap kali memasak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini