Sukses

Erupsi di Kawasan Wisata Kawah Keramik Lampung Barat, Masyarakat Diimbau Tak Beraktivitas

Telah terjadi erupsi di kawasan wisata kawah keramikan Lampung Barat. Masyarakat diimbau tidak beraktivitas di sekitar lokasi, karena dikhawatirkan adanya erupsi susulan disertai gas beracun dan awan panas.

Liputan6.com, Lampung - Tempat wisata kawah keramikan mengalami erupsi hingga menimbulkan dentuman suara besar disertai dengan asap membubung tinggi di Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Jumat (24/5/2025). Kepala BPBD Lampung Barat, Padang Priyo Utomo kepada wartawan membenarkan peristiwa erupsi tersebut. Dia mengatakan, kawah keramikan tersebut mengalami erupsi hingga menimbulkan suara dentuman besar mengeluarkan pasir disertai asap tebal yang terjadi sekitar pukul 8.42 WIB.  

"Iya benar, kawah keramikan mengalami erupsi cukup besar tadi pagi sekira pukul 8.42 WIB," kata Padang kepada Liputan6.com, Jumat (24/5/2024).

Dia menyampaikan, peristiwa tersebut sudah biasa terjadi, namun kali ini merupakan erupsi yang paling besar. "Hal ini sudah biasa terjadi di sekitar kawah. Namun erupsi kali ini cukup besar dari biasanya," jelas dia.

Dia menjelaskan, pihaknya telah terjun ke lokasi kejadian untuk meninjau langsung situasi dan kondisi kawah.Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas di sekitar lokasi.

"Kami imbau, masyarakat untuk tidak beraktivitas di sekitar lokasi kawah keramikan. Dikhawatirkan adanya erupsi susulan dan juga dikhawatirkan adanya gas beracun dan awan panas dari dampak erupsi tersebut," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.