Sukses

Mengenal 15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfaat daun kelor untuk tubuh.

Liputan6.com, Bandung - Daun Kelor atau Moringa Oleifera dalam bahasa Latin merupakan salah satu tanaman yang saat ini jadi perhatian luas. Pasalnya tanaman tersebut menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan yang luar biasa.

Tanaman ini juga sering dijuluki sebagai “Pohon Ajaib” karena khasiatnya yang beragam untuk kesehatan. Kemudian daun kelor juga mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi di berbagai kondisi lingkungan.

Melansir dari beberapa sumber daun kelor bisa ditemukan di daerah subtropis dan tropis di Asia Selatan. Namun daun ini juga sudah tersebar luas di berbagai belahan dunia termasuk di antaranya di Afrika hingga Amerika Latin.

Sebagai informasi daun kelor bisa dengan mudah dikenali karena ukuran daunnya yang kecil. Tanamannya juga bisa bertumbuh di tanah yang tidak terlalu subur dan sejak dahulu terkenal digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Berdasarkan informasi dari situs Kemenkes organisasi WHO menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree. Pasalnya tanaman ini telah ditemukan mempunyai segudang manfaat baik untuk kesehatan.

Lebih dari 1.300 studi, artikel, hingga laporan telah menjelaskan bagaimana manfaat dari daun kelor dan kemampuannya untuk penyembuhan penyakit. Kemudian hampir sebagian besar penelitian menunjukan bahwa tanaman ini memiliki khasiat penting.

Diketahui daun kelor mempunyai kandungan antioksidan yang banyak, mengandung nutrisi untuk tubuh, memiliki kandungan anti inflamasi, mengandung berbagai senyawa seperti senyawa, serta kaya akan vitamin C.

Mengutip dari beberapa sumber melalui artikel ini terdapat 15 manfaat baik daun kelor untuk kesehatan yang telah dirangkum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

15 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Daun kelor mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena kandungan di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mengontrol gula darah

Daun kelor memiliki kandungan isothiocyanates sehingga bisa membantu mengatur kadar gula darah dan sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang mengandung vitamin C serta antioksidan yang kaya. Sehingga daun kelor bisa memperkuat sistem kekebalan pada tubuh yang bermanfaat untuk kesehatan.

4. Mengurangi peradangan

Daun kelor mengandung senyawa anti-inflasi yang diketahui bisa membantu seseorang mengurangi peradangan pada tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Daun kelor mengandung serat yang ternyata bisa bermanfaat untuk membantu pencernaan serta mencegah sembelit.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin E yang terkandung dalam daun kelor bisa membantu dalam menjaga kesehatan kulit serta mencegah penuaan dini.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Daun kelor mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata sehingga bisa membantu seseorang mencegah gangguan penglihatan.

8. Meningkatkan energi

Tanaman ini juga ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga bisa membantu seseorang meningkatkan energinya dan mengurang kelelahan pada seseorang.

9. Mendukung kesehatan tulang

Daun Kelor mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan, kepadatan, dan kekuatan tulang pada tubuh.

10. Menjaga kesehatan otak

Diketahui daun kelor mempunyai kandungan vitamin E dan C yang berperan penting untuk melindungi otak dari degenerasi oksidatif dan mendukung fungsi kognitif.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

11. Meningkatkan produksi ASI

Daun kelor ternyata menyimpan manfaat baik untuk wanita yang menyusui karena sering digunakan sebagai galactagogue untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui.

12. Menurunkan berat badan

Kandungan serat dan nutrisi dalam daun kelor bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan karena kandungan tersebut bisa membantu untuk mengurangi rasa lapar dan mendukung penurunan berat badan.

13. Mengatasi anemia

Daun kelor kaya akan kandungan zat besi dan penting untuk membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

14. Mengurangi stres dan depresi

Sebagai tanaman penuh manfaat daun kelor ternyata bisa digunakan untuk mengurangi stres dan depresi. Pasalnya daun ini mempunyai sifat adaptogenik yang membantu tubuh mengatasi stres dan mengurangi gejala depresi.

15. Mencegah infeksi

Daun kelor mempunyai sifat antibakteri dan antimikroba yang ternyata bermanfaat untuk mencegah infeksi dan meningkatkan kesehatan umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.