Sukses

Bus Ranau Indah Terjun ke Jurang 50 Meter di Lampung Barat, Ini Penyebabnya

Polisi mengatakan bahwa peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut diakibatkan kabut tebal yang membuat pandangan sopir terhalang sehingga bus melaju ke dalam jurang.

Liputan6.com, Lampung - Bus Ranau Indah jurusan Sumatera Selatan-Lampung yang terjun ke jurang sedalam 50 meter di Lampung Barat disebabkan karena pandangan sopir terhalang kabut tebal. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut. Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara kecelakaan bus yang mengangkut 18 penumpang tersebut terjun ke jurang lantaran pandangan sopir terhalang kabut tebal.

"Dugaan sementara bus Ranau Indah yang melaju dari arah Bandar Lampung menuju Kecamatan Liwa, Lampung Barat itu masuk kedalam jurang karena pandangan sopir terhalang kabut cukup tebal, sehingga kendaraan menyeberang jalan, melaju lurus ke dalam jurang sedalam 50 meter," kata Umi, Senin (13/5/2023).

Umi menjelaskan, kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi di Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat, Senin (13/5/2024). Sekitar pukul 03.00 WIB. "Sopir bus bernomor polisi BG 7901 LP ini berusaha mengendalikan laju kendaraannya meski terhalang kabut yang cukup tebal," jelas dia.

Beruntung, sopir bus tersebut bisa mengendalikan laju kendaraannya meski tidak bisa melihat jalur. Sehingga mobil yang masuk ke dalam jurang ini tidak terguling. "Meski terperosok ke dalam jurang, bus ini tidak sampai terguling, karena sopir masih bisa mengendalikan laju kendaraannya," jelas Umi.

Dia menyampaikan, belasan penumpang kendaraan tersebut dalam keadaan selamat. Hanya saja satu penumpang harus dilarikan ke Puskesmas setempat karena mengalami luka ringan. "Alhamdulilah, hanya satu orang yang mengalami luka ringan dan yang lainnya dalam kondisi baik dari jumlah keseluruhan penumpang sebanyak 18 orang. Korban langsung dilarikan kepuskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan. Sementara, 17 penumpang lainnya diperkenankan kembali ke rumah masing- masing setelah dilakukan pendataan," ungkapnya.

Dia menyampaikan, saat ini Polres Lampung Barat masih berupaya mengevakuasi badan bus yang berada di jurang.

"Satlantas Polres Lampung Barat masih berupaya mengevakuasi badan bus ini," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, sebuah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) rute Sumatera Selatan-Lampung terjun bebas masuk ke jurang sedalam 50 meter di Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat, Senin (13/5/2024) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut. 

Kepada wartawan, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik mengkonfirmasi peristiwa tersebut bahwa sebuah bus Ranau Indah masuk ke dalam jurang. 

"Iya, benar. Telah terjadi kecelakaan lalu lintas satu unit bus Ranau Indah bernomor polisi BG 7901 kecelakaan tunggal masuk ke dalam jurang yang diperkirakan sedalam 50 meter. Peristiwanya terjadi di Kecamatan Way Tenong, Lampung Barat, sekitar pukul 03.00 WIB," kata Umi, Senin (13/5/2024).

Dia mengatakan, bus tersebut mengangkut 18 penumpang, satu diantaranya mengalami luka ringan dan sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat. 

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Semua penumpang selamat, hanya saja satu penumpang mengalami luka ringan," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.