Sukses

Kondisi Terkini Gunung Ruang di Sitaro Sulut, Hindari Paparan Abu Vulkanik

Status Gunung Ruang telah diturunkan dari Level IV Awas menjdi Level III Siaga sejak, Senin (22/4/2024).

Liputan6.com, Sitaro - Status Gunung Ruang telah diturunkan dari Level IV Awas menjdi Level III Siaga sejak, Senin (22/4/2024), pukul 09.00 Wita. Meski demikian warga diminta tetap waspada, termasuk terhadap paparan abu vulkanik.

“Kondisi sekitar Gunung Ruang cuacanya berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah barat dan barat laut. Suhu udara 25-27 °C,” ungkap Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan, Selasa (23/4/2024) pagi.

Dia mengatakan, secara visual, gunung setinggi 725 mdpl yang terletak di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulut, tampak jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100-150 m di atas puncak kawah.

“Ini merupakan pengamatan pada periode pukul 00.00 Wita – 06.00 Wita, Selasa 23 April 2024,” tuturnya.   

Dalam kondisi seperti ini, dia mengatakan, ada sejumlah rekomendasi yang disampaikan dan patut dipatuhi oleh masyarakat, pengunjung atau wisatawan yang ada di sekitar Gunung Ruang agar tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif.

“Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 4 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 4 km,” ujarnya.

Dia mengimbau agar masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan. Selain itu juga diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang.

“Kami merekomendasikan juga pemerintah daerah, BPBD Provinsi Sulut dan Kabupaten Sitaro agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulut atau PVMBG di Bandung,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini