Sukses

10 Tahun Tragedi Kapal Sewol, Ini Deretan Lagu Kpop yang Didedikasikan untuk Mengenang Korban

Tragedi tenggelamnya Kapal Feri Sewol terjadi pada 16 April 2014. Sebanyak 304 penumpang yang terdiri dan siswa dan guru sekolah dari Ansan menjadi korban saat melakukan darmawisata. Feri tersebut terbalik di tengah perjalanan dari Pelabuhan Incheon menuju Pulau Jeju.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menandai 10 tahun tragedi Kapal Sewol, masyarakat Korea Selatan menggelar upacara peringatan pada Selasa (16/4/2024) waktu setempat. Upacara itu digelar di atas kapal di perairan sekitar Pulau Donggeochado, Kabupaten Jindo, Propinsi Jeolla Selatan, yang menjadi lokasi terjadinya tragedi.

Upacara peringatan dilanjutkan ke pelabuhan baru Mokpo yang menjadi lambung kapal Sewol berada. Selain acara peringatan utama, beberapa upacara lainnya juga diadakan di beberapa tempat di Korea Selatan.

Tragedi tenggelamnya Kapal Feri Sewol terjadi pada 16 April 2014. Sebanyak 304 penumpang yang terdiri dan siswa dan guru sekolah dari Ansan menjadi korban saat melakukan darmawisata. Feri tersebut terbalik di tengah perjalanan dari Pelabuhan Incheon menuju Pulau Jeju.

Tak hanya itu, beberapa musisi Kpop juga membuat lagu khusus yang didedikasikan untuk mengenang para korban. Mengutip dari Pinkvilla, berikut deretan lagu Kpop tersebut:

1. f(x) - Red Light

Grup Kpop wanita f(x) menyanyikan lagu berjudul Red Light yang dirilis di tahun yang sama saat tragedi Kapal Sewol terjadi. Lagu ini berisi kritikan untuk pemerintah dan pihak-pihak yang mungkin terkait dengan tragedi tersebut.

Awalnya, penggemar mengira hal itu hanyalah interpretasi orang-orang saja. Namun, akhirnya Direktur Produksi SM Entertainment kala itu, Lee Sung Soo, mengatakan bahwa lagu Red Light memang diciptakan sebagai kritik atas insiden Kapal Feri Sewol.

2. BTS - Spring Day

Lagu Spring Day sebenarnya tidak secara khusus membicarakan tentang Kapal Sewol. Namun, banyak orang menginterpretasikan lagu ini sebagai dedikasi untuk para korban karena lirik lagunya.

Secara keseluruhan, Spring Day bercerita tentang kerinduan yang mendalam dan pertanyaan apakah suatu saat bisa bertemu lagi dengan orang tersebut. Selain karena liriknya, banyak penggemar dan media yang berspekulasi bahwa gambar dalam video tersebut merujuk pada tragedi Feri Sewol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kim Dongwan (Shinhwa) - Stardust

3. Kim Dongwan (Shinhwa) - Stardust

Lagu Stardust yang ditulis Lee Won Hee mewujudkan esensi halus dari kenangan dan kehilangan. Lagu ini terinspirasi dari kesedihan mendalam orang tua yang kehilangan anak-anaknya dalam tragedi Kapal Sewol.

Lagu ini dinyanyikan oleh Kim Dongwan dari Shinhwa. Nada-nada lembut lagu ini beresonansi dengan rasa sakit kehilangan yang universal, membangkitkan rasa hubungan kosmis antara yang meninggal dan yang hidup.

4. One of These Nights (Red Velvet)

One of These Nights oleh Red Velvet secara halus merujuk pada tragedi Kapal Sewol. Hal itu tergambar melalui tema-tema suram dan gambaran simbolisnya.

Tanggal rilis lagu tersebut bertepatan dengan tanggal kejadian tragis tersebut di kalender lunar. Sementara itu, gambar kabur dari Yeri di sampul album menunjukkan bahwa ia seumuran dengan para korban.

5. Cheetah feat. Jang Sung Hwan - Yellow Ocean

Yellow Ocean adalah lagu yang dinyanyikan rapper Cheetah di sebuah acara musik di JTBC pada 2016. Cheetah membawakan lagu tersebut dengan ditemani seorang siswa sekolah menengah bernama Jang Sung Hwan. Lagu ini merupakan dedikasi untuk para korban Kapal Feri Sewol yang terdiri dari siswa-siswi sekolah menengah.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.