Sukses

Volume Kendaraan di Exit Tol Gandulan Melonjak, Ini Langkah Taktis Tim Urai Polres Pemalang

Lonjakan ini disebabkan mulai masuknya kendaraan pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya ke arah timur Jawa, mendakati Lebaran Idul Fitri 2024

Liputan6.com, Pemalang - Volume kendaraan yang keluar dari Exit Tol Gandulan Pemalang mengalami peningkatan mulai tanggal 6 April 2024, jika dibandingkan hari-hari biasanya. Lonjakan ini disebabkan mulai masuknya kendaraan pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya ke arah timur Jawa.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengatakan, peningkatan lalu lintas pemudik yang keluar dari Exit Tol Gandulan sekitar 32 persen.

“Kemudian pada tanggal 7 April sampai 8 April 2024, peningkatan arus mudik tidak terlalu signifikan, di bawah 1 persen,” katanya, Minggu (8/4/2024), ditulis Selasa (9/4/2024).

Yovan menjelaskan, kenaikan volume kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Gandulan Pemalang, sempat berdampak pada meningkatnya kepadatan lalu lintas di jalur arteri pantura, jalur protokol kota Pemalang dan jalur selatan.

“Kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Gandulan, sebagian besar dengan tujuan wilayah Kabupaten Pemalang dan Purbalingga,” ucap dia.

Dengan meningkatnya kepadatan lalu lintas, tim urai yang disiagakan di Pos Gandulan dan Pos Pelayanan Randudongkal langsung bergerak mengantisipasi kepadatan lalu lintas.

“Di jalur arteri Pantura, antisipasi kepadatan lalu lintas dilakukan di simpang tiga Pasar Petarukan dan simpang empat Comal,” kata Kapolres Pemalang.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Selatan

“Selanjutnya di Kota Pemalang, tim urai mengantisipasi kepadatan lalu lintas di kawasan pusat perbelanjaan Jalan Jenderal Sudirman,” imbuh Kapolres Pemalang.

Di jalur selatan, tim urai bergerak secara mobile, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas pemudik dengan tujuan ke arah Kabupaten Purbalingga dan Tegal, atau sebaliknya.

“Antisipasi kepadatan lalu lintas di jalur selatan, dimulai dari jalan raya Kecamatan Bantarbolang sampai ke perbatasan Kabupaten Pemalang di Kecamatan Belik, Kecamatan Pulosari dan Kecamatan Warungpring,” kata Kapolres Pemalang.

Yovan mengimbau pemudik dengan tujuan atau yang melintas di wilayah Pemalang agar tidak mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi, agar terhindar dari bahaya kecelakaan di tengah kepadatan lalu lintas.

“Tetap berkendara pada batas kecepatan aman, serta patuhi peraturan lalu lintas dan ikuti arahan petugas demi keamanan dan keselamatan di jalan,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.