Sukses

Siap Dilantik Jadi Wakil Presiden di IKN Nusantara, Gibran: Saya Ngikut Aja

Gibran mengaku siap terkait rencana pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di IKN Nusantara pada Oktober 2024 mendatang.

Liputan6.com, Solo - Calon wakil presiden (cawapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka merespon dengan baik rencana pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029 akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Oktober mendatang. Rencana tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Saya ngikut aja yah,” ujar Gibran yang juga Wali Kota Solo saat dimintai tangggapannya terkait rencana pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilakukan di IKN Nusantara di Balai Kota Solo, Rabu (3/4/2024).

Sebagai wakil presiden terpilih yang pertama bakal dilantik di IKN Nusantara, Gibran mengaku tidak ada masalah dan mengikuti semua rencana tersebut. Seperti diketahui selama ini pelantikan Presiden Wakil Presiden RI terbaru dilantik di Gedung Nusantara DPR/MPR/DPD RI, Senayan, Jakarta tetapi untuk pelantikan mendatang akan di IKN Nusantara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pidato Kenegaraan Tetap di Jakarta

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan rencana pelantikan Presdien dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 akan dilaksanakan di IKN Nusantara. “Pelantikan presiden rencananya sih di sana (IKN),” kata Basuki kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (2/4/2024).

Kendati demikian, Basuki tak menjelaskan apa pertimbangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Prabowo-Gibran digelar di IKN. “Pelantikan presiden insyaallah udah di sana. Rencanya begitu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Basuki juga memastikan bahwa acara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan digelar di IKN. Namun untuk pidato kenegaraan tetap akan disampaikan Presiden Jokowi di gedung DPR/DPD/MPR RI, Senanyan Jakarta.

“Kalau 17 Agustusan di sana (IKN), nanti mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini (Jakarta). 17 Agustus upcaranya rencananya masih di sana,” kata Basuki Hadimuljono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini