Sukses

BRIN Beberkan Pemicu Hujan Lebat Sering Muncul di Utara Jawa Tengah

Ada berbagai faktor yang menjadi pemicu hujan lebat hingga ekstrem selalu terjadi di wilayah utara Jawa Tengah.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai faktor yang menjadi pemicu hujan lebat hingga hujan ekstrem selalu terjadi di wilayah utara Jawa Tengah. Peneliti Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin membeberkan, bentuk Semenanjung Muria dengan Gunung Muria di bagian utara, yang menjadi gunung satu-satunya yang terletak di pesisir utara Jawa, menjadi daerah tangkapan hujan yang berperan menarik hujan dari laut ke darat.

"Pola konveksi laut sangat intens terbentuk jelang tengah malam dalam pola badai squall line. Hujan deras dengan petir dan angin kencang dapat dihasilkan oleh badai squall line," kata Erma, Rabu (3/4/2024).

Squall line atau garis badai adalah sekelompok badai yang tersusun dalam satu garis yang sering kali disertai dengan angin kencang dan hujan lebat. Panjang garis badai bisa mencapai ratusan mil, tetapi lebar biasanya hanya 10 atau 20 mil. Erma menjelaskan konveksi laut utara Jawa Tengah tak hanya bisa terbentuk orisinal, tapi juga dipengaruhi oleh penjalaran dari Pulau Kalimantan.

Apabila hujan turun di Kalimantan Selatan, maka hujan dapat menjalar ke laut dan menuju Jawa Tengah. Menurutnya, konveksi laut utara Jawa Tengah juga diperkuat dengan penjalaran konveksi yang telah terbentuk di utara Jabodetabek.

"Oleh angin baratan, hujan di utara Jawa Barat dapat terus menjalar ke timur dan berakhir di Jawa Tengah karena tertahan Semenanjung Muria," kata Erma.

Lebih lanjut Erma menyampaikan, suhu permukaan laut yang memanas di utara Jawa Tengah juga berperan signifikan meningkatkan kelembapan, sehingga proses pembentukan hujan dari konveksi laut dapat terbentuk setiap hari secara intens dari tengah malam.

Kegiatan memodifikasi cuaca dengan menaburkan garam di atas Laut Jawa dengan harapan hujan hanya akan terbentuk di laut dapat berdampak sebaliknya, yaitu memperparah proses konveksi laut karena pola garis badai ketika dipecah justru akan membuat hujan semakin meluas ke darat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitigasi Bencana

Erma menegaskan tidak ada jalan lain untuk menghadapi dampak perubahan iklim yang meningkatkan intensitas dan frekuensi cuaca ekstrem dan skala dampak banjir meluas, kecuali mitigasi dan adaptasi melalui peningkatan sistem peringatan dini dan perbaikan infrastruktur banjir.

"Tentu tak kalah penting adalah kembalikan lagi fungsi dataran tinggi di utara Jepara sebagai hutan alam yang sejak zaman Belanda menjadi daerah efektif serapan air dan bangunlah banyak embung di sekitarnya untuk menampung air hujan," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini