Sukses

5 Camilan dan Minuman Sehat saat Lebaran, Cek di Sini!

Menjelang Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran, semua orang berbondong-bondong memburu makanan khas Lebaran.

Liputan6.com, Bandung - Tak terasa Bulan Ramadan beberapa hari lagi akan berakhir dan hari kemenangan saat lebaran pun tiba.

Meski tersisa belasan hari, tidak ada salahnya bersiapsedia menyambut lebaran atau Idulfitri 1445 H dengan berbagai aneka cemilan dan kue.

Seperti yang kita ketahui cemilan atau kue kerap disajikan saat hari raya lebaran. Namun untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan prima, kita harus baik dan bijak dalam memilihnya.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran, semua orang berbondong-bondong memburu makanan khas Lebaran.

Bukan cuma makanan berat seperti rendang atau opor ayam saja, kue-kue manis dan camilan Lebaran juga mulai bertebaran di mana-mana.

"Sayangnya, kebanyakan camilan khas Lebaran memiliki rasa yang terlalu manis sehingga bisa membuat kadar gula darah naik," terang dr. Vina Setiawan dicuplik dari laman Honest Docs, Jumat, 29 Maret 2024.

Anda mungkin sudah bersusah payah mengatur pola makan saat puasa, tujuannya supaya tubuh tetap sehat menjelang Lebaran.

Kebiasaan baik ini tentu harus terus dilanjutkan sampai Lebaran dan seterusnya. Jangan sampai kesehatan Anda menurun hanya karena kebanyakan makan atau salah pilih makanan.

Lebaran tanpa adanya camilan seperti kue kering memang terasa tidak lengkap. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dengan kandungan gula dalam camilan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cemilan Sehat

Terlalu banyak asupan gula dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga memicu diabetes dan obesitas.

Namun tak perlu bingung. Berikut berbagai ide cemilan sehat yang bisa Anda sajikan untuk Lebaran kali ini, di antaranya:

1. Nastar selai kurma

Mendengar kata camilan Lebaran, Anda mungkin langsung membayangkan stoples nastar bertebaran di mana-mana. Ya, memang tidak lengkap rasanya jika merayakan Lebaran tanpa nastar.

Jika biasanya nastar berisi selai nanas, maka sekarang Anda dapat mengkreasikannya dengan selai kurma. Kurma memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna sehingga cocok diolah sebagai selai isian nastar.

Dilihat dari kandungan gizinya, setiap 100 gram kurma mengandung 277 kalori, 75 gram karbohidrat, 2 gram protein, dan 7 gram serat. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit saat Lebaran.

Kurma juga mengandung 3 jenis antioksidan sekaligus, yaitu flavonoid, karotenoid, dan asam fenolat. Ketiga antioksidan tersebut berfungsi untuk melawan paparan radikal bebas dan menurunkan risiko diabetes, penyakti jantung, hingga kanker.

2. Kacang-kacangan

Tak hanya nastar, camilan kacang sangat mudah ditemukan menjelang hari raya Idul Fitri. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang ada, mulai dari kacang mete, kacang oven, kacang tanah, hingga kacang pistachio.

Kacang-kacangan mengandung nutrisi lengkap yang baik untuk tubuh seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, antioksidan, hingga berbagai vitamin dan mineral.

Itulah sebabnya, hanya dengan makan kacang-kacangan saja saat Lebaran bisa membuat Anda lebih sehat dan kenyang lebih lama.

Kacang mete, misalnya, mengandung kaya vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin B, kalium, dan asam folat. Kombinasi zat-zat tersebut diketahui dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Kue kering oat madu

Kue kering termasuk salah satu camilan Lebaran yang paling diandalkan. Namun sayangnya, kue kering cenderung tinggi lemak dan gula, sehingga kalau kebanyakan tentu tidak baik bagi kesehatan.

Sebagai solusinya, buatlah kue kering oat yang rendah gula dan lemak. Gunakan mentega rendah lemak supaya lebih sehat dan ganti gula pasir dengan madu atau pemanis alami lainnya.

Kenapa harus menggunakan oatmeal? Ini karena oat mengandung beta-glukan, jenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan mengendalikan gula darah.

Terlebih lagi, kombinasi madu dan oat dapat memberikan asupan antioksidan kuat untuk melawan paparan radikal bebas. Bahkan, camilan sehat khas Lebaran ini juga bisa menurunkan tekanan darah, lho!

4. Salad buah

Camilan sehat saat Lebaran tidak melulu soal nastar atau kue kering saja. Supaya tidak bosan, coba sajikan semangkuk salad buah untuk menyegarkan hari raya Idul Fitri Anda sekeluarga.

Kandungan serat dalam buah-buahan bisa membuat Anda kenyang lebih lama sekaligus melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi berbagai jenis buah dalam salad juga dapat menetralkan lemak dan kolesterol dari makanan khas Lebaran.

Cara membuatnya pun mudah. Potong kecil-kecil beberapa jenis buah favorit Anda, lalu tambahkan yogurt dan parutan keju. Dijamin, camilan Lebaran Anda kali ini jauh lebih sehat dan mengenyangkan.

5. Puding stroberi selasih

Selain salad, puding juga cocok disajikan sebagai camilan sehat khas Lebaran. Rasanya pun tak kalah lezat, menggugah selera, dan tentunya sehat bagi tubuh.

Anda bisa mengkreasikan puding dengan berbagai jenis buah favorit Anda. Stroberi, misalnya, mengandung kaya vitamin C, serat, kalium, dan juga asam folat.

Bahkan, kandungan antioksidan bernama antosianin dalam stroberi juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Supaya lebih sehat lagi, Anda juga bisa menambahkan biji selasih sebagai pelengkapnya. Kandungan pektinnya dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga pencernaan Anda jadi lebih lancar.

 

3 dari 3 halaman

5 Minuman Sehat dan Nikmat untuk Lebaran

Selain cemilan dan kue yang sehat dan nikmat dikosumsi saat lebaran, jangan lupa Anda menyajikan minuman serupa.

Tidak lengkap rasanya bila momen Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran tanpa sajian opor ayam, sambal goreng kentang, rendang, hingga kue-kue manis sebagai pelengkap.

Minuman yang dihidangkan pun tak kalah menarik, seperti es sirup, es kopyor, dan minuman manis lainnya.

Meskipun rasa lezatnya sudah tak diragukan lagi, kombinasi makanan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Kandungan lemaknya yang tinggi dapat memicu kolesterol, sementara gula dari minuman bisa membuat gula darah Anda melonjak.

Bingung harus menyiapkan minuman apa untuk Lebaran kali ini? Tenang, simak daftar minuman sehat saat Lebaran pada ulasan berikut ini.

Selain memperhatikan jenis makanan, penting juga bagi Anda untuk menyediakan minuman sehat saat Lebaran. Sebab, percuma saja bila makanan yang Anda sajikan sudah sehat dan bergizi, tapi dikacaukan dengan minuman yang ternyata tidak sehat.

Nah, berikut pilihan minuman sehat yang bisa Anda sajikan saat Lebaran, yaitu:

1. Air putih

Dalam berbagai kesempatan, air putih tetaplah menjadi minuman paling sehat untuk dikonsumsi. Melansir dari WebMD, minum air putih dapat membantu mencegah dehidrasi, sembelit, dan batu ginjal.

Air putih juga tidak mengandung kalori, gula, maupun karbohidrat sehingga tidak akan membuat berat badan naik saat Lebaran.

2. Teh hijau

Bingung saat menyiapkan minuman untuk Lebaran, tapi ingin tetap sehat? Yuk, coba sediakan teh hijau.

Teh hijau mengandung flavonoid dan polifenol, jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stroke, penyakit jantung, hipertensi, hingga kanker. Jenis minuman ini juga rendah kalori sehingga tidak akan bikin perut buncit setelah Lebaran.

3. Air kelapa muda

Air kelapa muda merupakan minuman sehat yang cocok diminum kapan saja, termasuk saat Lebaran. Kelapa mengandung 95 persen air sehingga dapat mengambalikan cairan tubuh dengan cepat.

Air kelapa juga mengandung kaya elektrolit yang bisa mengatasi mual atau muntah. Supaya lebih sehat, hindari menambahkan terlalu banyak gula supaya kadar gula darah Anda tetap aman selama Lebaran.

4. Susu cokelat

Sudah pernah menyiapkan es cokelat saat berkumpul bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri? Kalau belum, cobalah sajikan minuman sehat yang satu ini untuk Lebaran.

Sama seperti susu pada umumnya, susu cokelat mengandung kaya kalsium, vitamin D, dan kalium. Semua nutrisi tersebut sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi Anda.

Segelas cokelat panas juga mengandung rendah lemak, sehingga aman bagi Anda yang sedang diet.

5. Jus buah

Jus buah cocok disajikan sebagai minuman untuk Lebaran yang sehat dan menyegarkan. Berbagai jenis buah-buahan mengandung kaya vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Jus jeruk, misalnya, mengandung kaya vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh selama Lebaran.

Jus jeruk juga cocok diminum oleh ibu hamil, sebab kandungan folatnya dapat melindungi janin dari risiko cacat tabung saraf (spina bifida).

Bila Anda ingin meraup manfaat jus buah, buatlah jus buah sendiri tanpa tambahan gula maupun pemanis lainnya.

Hindari mengonsumsi jus buah kemasan karena kandungan gulanya biasanya lebih tinggi dan tidak murni.

So, tunggu apa lagi usai menyimak artikel ini mungkin Anda sudah tahu perkiraan persiapan camilan atau kue hingga minuman yang hendak disajikan saat lebaran nanti. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.