Sukses

Penelitian Prudential: 68 Persen Masyarakat Indonesia Pertimbangkan Miliki Asuransi

Di Indonesia, sekitar 68 persen responden menyatakan mereka mempertimbangkan memiliki proteksi untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko kesehatan dan pendapatan.

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian terbaru dari Prudential yang diterbitkan akhir 2023, menunjukkan kesadaran tinggi masyarakat lima negara Asia, termasuk Indonesia, mengenai pentingnya menabung untuk dana darurat dan menciptakan jaring pengaman melalui asuransi untuk kesehatan dan pendapatan keluarga.

Penelitian ini berjudul Empowering Aspirations: Financial Preparedness in Asia. Dana asuransi ini penting untuk memastikan kehidupan yang stabil di masa depan. Studi melibatkan 5.000 individu dan mengungkap sejauh mana kesadaran mereka tentang pentingnya memiliki jaring pengaman finansial.

Di Indonesia, sekitar 68 persen responden menyatakan mereka mempertimbangkan memiliki proteksi untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko kesehatan dan pendapatan. Selain itu, 56 persen responden Indonesia menyisihkan uang mereka untuk keperluan darurat, angka tertinggi dibandingkan dengan negara lain dalam penelitian ini.

Lebih lanjut, 36,4 persen responden Indonesia mengutamakan pendidikan berkualitas bagi anak-anak sebagai prioritas pengeluaran keluarga.

Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan bahwa hasil penelitian ini memberi angin segar bagi industri asuransi di Indonesia.

"Namun, angka penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah, dan Prudential berkomitmen untuk menghasilkan produk dan layanan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan nasabah," ujarnya.

Menariknya, 74 persen responden milenial memiliki kesadaran untuk menyisihkan uang untuk situasi darurat, lebih tinggi dibandingkan dengan generasi lain. Namun, masih ada sebagian responden generasi Z yang ingin menghabiskan uang mereka untuk gaya hidup.

Selain menyisihkan tabungan, penelitian ini juga menunjukkan pentingnya asuransi. Hampir 80% responden di lima negara, termasuk Indonesia, memiliki asuransi kesehatan, dan 46% memiliki asuransi perlindungan penghasilan.

Prudential Indonesia meluncurkan Asuransi Jiwa PRUFuture, sebagai solusi simpel dan mudah diakses untuk melindungi masa depan, terutama bagi keluarga baru dan generasi muda.

Produk ini dirancang dengan masa perlindungan panjang hingga usia 120 tahun dan pilihan masa pembayaran premi yang fleksibel.

"Kami melihat kesadaran tinggi masyarakat untuk memiliki asuransi sebagai jaring pengaman untuk masa depan yang lebih baik," katanya.

Prudential berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi masyarakat dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.