Sukses

Agensi Kreatif BIK Raih Prestasi di Young Spikes Asia untuk Kampanye Kesehatan Mental

Dalam ajang ini, peserta mendapat tugas untuk meningkatkan awareness tentang kesehatan mental di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Bikin Ide Kreatif (BIK), agensi kreatif yang tergabung dalam Production House Kita, menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Pada 14 Maret 2024 lalu, BIK berhasil meraih medali silver di Young Spikes Asia kategori digital yang diadakan di Singapura.

Prestasi ini diraih oleh Anggani Sekar Astuti Hardani alias Sekar (Associate Creative Group Head) dan Mbarep Arya Warigalit alias Igal (Art Director) berkat ide kreatif mereka untuk meningkatkan awareness tentang kesehatan mental di Singapura melalui platform digital.

Dalam ajang ini, peserta mendapat tugas untuk meningkatkan awareness tentang kesehatan mental di Singapura. Sekar dan Igal mendapatkan insight bahwa awareness yang rendah disebabkan oleh banyaknya orang yang masih menyepelekan rasa sakit yang belum pernah mereka rasakan.

Hal ini mendorong mereka untuk membuat simulator yang memungkinkan orang-orang merasakan rasa sakit yang dialami penderita penyakit mental dengan harapan membantu memvalidasi rasa sakit orang-orang tersebut dan menghapus stigma terhadap penyakit mental.

Agar simulator mudah diakses masyarakat, Sekar dan Igal memilih Instagram sebagai platformnya. Dalam perencanaan kampanye mereka, tampilan user interface Instagram di hari World Mental Health Day akan dibuat berantakan dan buram, kemudian muncul sebuah pesan pop-up yang membawa pengguna ke sebuah AR filter dengan tampilan yang serupa.

Hal ini merupakan representasi dari penglihatan dan perasaan seorang penderita penyakit mental. Dengan merasakan apa yang penderita rasakan, diharapkan awareness masyarakat tentang kesehatan mental akan meningkat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebanggaan dan Komitmen

Sekar, selaku peraih medali silver, mengungkapkan rasa senang dan bangganya atas prestasi ini. "Sebagai agensi kreatif yang terbilang muda dan masih kecil, kami mampu berkompetisi melawan agensi-agensi besar di negara APAC. Ini membuktikan bahwa kami mampu melahirkan ide-ide yang memiliki impact besar kepada masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Rifqi Zarkasih, CEO Bikin Ide Kreatif dan juga Production House Kita, menyatakan rasa bangganya atas prestasi karyawannya. 

"Kami sangat mengapresiasi dan bangga dengan generasi muda yang mau terus belajar dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Tentu, sebagai sebuah perusahaan kreatif, kami memberikan ruang dan kesempatan untuk anak muda kreatif, khususnya yang berada di Bikin Ide Kreatif untuk bisa mengikuti ajang-ajang kreatif dan bisa mewakili Indonesia di kancah internasional. Saya yakin bahwa jika diberikan kesempatan, karya-karya Indonesia mampu bersaing dan dapat diperhitungkan." ujar Rifqi.

Prestasi BIK di Young Spikes Asia merupakan bukti nyata bahwa Indonesia memiliki talenta-talenta muda yang kreatif dan mampu bersaing di kancah internasional. BIK dan Production House Kita berkomitmen untuk terus berkarya dan menghasilkan ide-ide kreatif yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini