Sukses

Berbuka dengan Kue Kering Emping, Ini Cara Membuatnya

Emping selain enak untuk kudapan juga dapat dimodifikasi menjadi kue kering emping. Hal ini dilakukan mahasiswa KKN UNY di Randukuning 2, Selang, Wonosari, Gunungkidul. 

Liputan6.com, Yogyakarta - Mahasiswa KKN UNY di Randukuning 2, Selang, Wonosari, Gunungkidul berinovasi membuat kue kering dari emping yang cocok juga untuk menu berbuka puasa. Ketua KKN UNY Randukuning 2 Vicky Danendra Aristawidya menyatakan ide kue kering emping ini muncul karena melihat potensi alam di sekitar itu banyak pohon melinjo. “Konon dulu disini banyak pengusaha emping,” katanya, Senin 4 Maret 2024. 

Selain dirinya mahasiswa lainnya Drawing Nanta Rachmad, Elizabeth Aprilina Hutabarat, Estri Mayang Kusumaningtyas, Farah Sharfina Zahirah, Gusti Chaka Vidya Putra, Mitha Kezia Septiani, Rency Anggitasani, Rifqi Areska Batara Aji dan Yuliana Susanti juga berperan bagaimana menambah nilai lebih dari buah melinjo.

Penanggung Jawab program kue kering emping Rency Anggitasani mengatakan, untuk membuat kue kering emping ini membutuhkan beberpa bahan. "Margarine atau mentega 72 gram, kuning telur 1 butir, kerupuk emping 1 cangkir, tepung terigu protein rendah 110 gram, gula halus 60 gram, minyak goreng 100 ml, garam dan vanili secukupnya."

Ia mengatakan cara membuat kue kering emping, pertama panaskan minyak dan goreng kerupuk emping hingga matang. Setelah dingin hancurkan emping hingga halus yang diinginkan. “Sementara itu panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius dan tunggu hingga siap digunakan,” ujar mahasiswa D4 Teknik Boga Fakultas Vokasi UNY tersebut.

Setelah itu campurkan margarin, gula halus dan vanili sehingga adonan mengembang dan berwarna kuning pucat. Tambahkan kuning telur, tepung terigu serta garam dan campur hingga merata. "Masukkan emping yang telah dihancurkan dan campur rata. Adonan dibentuk bulat dan letakkan dalam Loyang yang telah diolesi margarine, tekan menggunakan jari."

Setelah itu panggang adonan kue kering emping selama 15-20 menit hingga matang dan kering lalu dinginkan serta simpan dalam toples. Emping melinjo diketahui mengandung antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh. 

Selain itu juga mengandung zat besi, fosfor, mangan, zinc, protein dan magnesium sehingga berguna pula untuk melindungi Kesehatan otak, melindungi ginjal, membantu pertumbuhan dan menjaga suhu tubuh, meningkatkan kesehatan kulit serta membangun otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.