Sukses

10 Obat Alami yang Mampu Redakan Demam

Meskipun obat alami ini dapat membantu menurunkan demam, penting untuk diingat bahwa jika demam berlangsung lebih dari beberapa hari atau disertai dengan gejala yang serius, segera konsultasikan dengan dokter.

Liputan6.com, Jakarta - Demam merupakan respons tubuh terhadap infeksi atau penyakit lainnya, di mana suhu tubuh meningkat di atas normal. Ketika demam terjadi, tubuh sedang berjuang melawan infeksi dan memerlukan istirahat serta perawatan yang tepat.

Meskipun obat-obatan kimia tersedia untuk menurunkan demam, banyak juga orang yang mencari alternatif alami untuk mengatasi demam, terutama bagi mereka yang lebih memilih pendekatan holistik atau ingin menghindari efek samping obat-obatan.

Berikut adalah beberapa obat alami yang telah terbukti membantu menurunkan demam dengan efektif dilansir dari Siloam Hospitals:

1. Air Jahe Jahe merupakan tanaman rimpang yang memiliki berbagai khasiat bagi tubuh, salah satunya menjadi obat demam alami. Untuk menurunkan demam secara alami, parut atau giling jahe hingga menjadi bubuk halus.

Setelah itu, seduh bubuk jahe menggunakan air panas. Lalu, diamkan beberapa saat dan segera minum ketika air jahe sudah terasa hangat.

Air jahe dikenal cukup efektif digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan demam karena memiliki zat antimikroba dan antiperadangan.

Air jahe juga dapat membantu mengobati flu, rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis. Air jahe dapat ditambahkan dengan madu untuk menambah cita rasa tanpa mengurangi khasiatnya.

2. Bawang Putih

Obat penurun panas alami selanjutnya adalah bawang putih. Untuk meredakan panas tubuh, dapat dilakukan dengan menambahkan potongan bawang putih ataupun bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam makanan.

Bawang putih juga bisa ditambahkan ke dalam teh sebagai obat demam alami yang efektif untuk meredakan demam akibat flu.

Bawang putih mengandung senyawa antivirus, antibiotik, dan antiseptik yang diketahui mampu menghadapi infeksi yang menyebabkan demam.

Penggunaan bawang putih dalam makanan dan minuman juga diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat.

3. Air Beras

Air beras atau sering disebut sebagai air tajin adalah salah satu obat demam alami rumahan yang bisa membantu menyembuhkan infeksi virus.

Cukup minum satu gelas air beras saat perut kosong untuk detoksifikasi dan mengeluarkan racun dari tubuh untuk menurunkan demam.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kelor

Kelor kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang efektif untuk mengatasi demam. Tidak hanya itu, kulit kelor juga diketahui dapat menjadi obat herbal penurun panas dengan mengeluarkan racun dari dalam tubuh penderitanya. 

5. Lada Hitam

Lada hitam adalah rempah yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan. Lada hitam mengandung sifat antibiotik dan antibakteri yang dapat membantu mengobati penyakit pada sistem pernapasan.

Di samping itu, lada hitam juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem imun dan mencegah berbagai serangan penyakit yang dapat menyebabkan demam.

Untuk membuat obat demam alami dari lada hitam, seduh satu gelas air panas dengan satu sendok teh bubuk lada hitam. Kemudian, tambahkan sedikit daun tulsi dan aduk hingga tercampur rata.

Diamkan selama beberapa saat hingga minuman sudah cukup hangat untuk diminum.

6. Oregano

Oregano adalah tanaman herbal yang termasuk dalam keluarga daun mint dan terkenal dengan khasiat medisnya. Senyawa carvacrol dalam oregano dapat mengatasi infeksi virus yang menyebabkan demam. Cukup rebus daun oregano bersama dengan bubuk kunyit. Kemudian, minum teh oregano tersebut dua kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

7. Daun Sage

Daun sage adalah tanaman herbal aromatik yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penurun panas alami. Batang dan daun tanaman sage diketahui mengandung senyawa safficionolide yang dapat memerangi infeksi virus penyebab demam.

Untuk membantu menurunkan suhu tubuh, minumlah satu gelas ramuan daun sage hingga suhu tubuh kembali normal.

 
3 dari 3 halaman

8. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki sifat antibakteri, antiperadangan, dan antioksidan. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antimikroba yang dapat menghambat replikasi fungi, bakteri, dan virus.

Kunyit juga dapat membangun kembali sistem imun tubuh agar semakin kuat dalam mencegah infeksi yang bisa memicu demam.

9. Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu bahan dapur yang dapat diracik sebagai obat herbal penurun panas. Untuk membuatnya, cukup campurkan kayu manis dengan air panas dan madu.

Ramuan alami ini memiliki sifat antibakteri, antivirus, antiperadangan, dan analgesik yang mampu mengatasi infeksi dan menurunkan demam.

10. Biji Ketumbar

Selain digunakan sebagai penyedap masakan, biji ketumbar juga dapat dimanfaatkan sebagai obat demam alami dan dapat membantu meningkatkan imun tubuh.

Hal ini dikarenakan minyak alami dan sifat antibiotik yang terkandung dalam biji ketumbar dapat membantu tubuh melawan infeksi virus yang menyebabkan demam.

Cukup rendam beberapa biji ketumbar ke dalam setengah liter air dan minum air tersebut beberapa kali sehari untuk memperbaiki sistem imun tubuh.

Jika demam tidak kunjung hilang setelah beberapa hari atau bahkan memburuk, disarankan agar penderita segera berkonsultasi dengan dokter, agar mendapat penanganan yang tepat serta diberikan obat-obatan medis yang sesuai dengan kondisi kesehatannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.