Sukses

Menanti Malam Lailatul Qadar, Berikut 5 Keistimewaannya

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah dan kemuliaan dalam agama Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, Muslim di seluruh dunia menantikan kedatangan salah satu malam paling istimewa dalam bulan Ramadan yang dikenal sebagai lailatul qadar.

Malam lailatul qadar dipercaya memiliki keistimewaan luar biasa ini memiliki makna mendalam dan penting dalam agama Islam.

Saat datangnya malam lailatul qadar ditandai dengan langit yang bersih, udara yang tidak panas maupun dingin, tidak berawan, tidak hujan, tidak ada bintang, dan siang harinya sinar matahari tidak terlalu panas.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa keistimewaan yang terdapat pada malam lailatul qadar:

1. Malam yang Lebih Baik dari pada 1.000 bulan

Keistimewaan malam lailatur qadar yang pertama ialah lebih baik daripada 1.000 bulan. Pada malam lailatul qadar, amalan yang dikerjakan berupa salat dan lain sebagainya lebih baik dikerjakan pada bulan lainnya.

Pahala yang didapat dengan mengerjakan amalan di malam lailatul qadar akan dilipat gandakan.

Dalam Al-Quran, Allah SWT menyatakan dalam Surah Al-Qadr (97:1-5):

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

2. Waktu Diturunkannya Al-Qur'an

Pada malam lailatul qadar terdapat keistimewaan yang kedua yaitu, diturunkannya Al-Qu'ran.

Ibnu ‘Abbas dan selainnya mengatakan: “Allah menurunkan Al Qur’an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfudz ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al Qur’an kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 403).

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Turunnya Malaikat Jibril

Para malaikat akan turun ke dunia pada malam lailatul qadar berdasarkan perintah Allah SWT. Salah satu malaikat yang turun yaitu malaikat Jibril.

Malaikat Jibril ditugaskan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu, bersamaan dengan itu juga diturunkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

4. Diampuninya Dosa 

Maksudnya di sini, bagi umat muslim yang melakukan ibadah beserta amalan baik lainnya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Dengan adanya keistimewaan-keistimewaan pada malam lailatul qadar, hendaknya menjadi penyemangat bagi umat Muslim dalam meningkatkan ibadah dan amalan baik lainnya di malam lailatul qadar .

5. Malam yang Penuh Berkah

Keistimewaan malam lailatul qadar yang terakhir adalah malam yang penuh berkah.

Hal itu tertuang dalam QS. Ad-Dukhon ayat 3, yang berbunyi: Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. (QS. Ad-Dukhon: 3).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.