Sukses

NTT Dilanda Cuaca Ekstrem, Semua Pelayaran Ditutup

PT ASDP Cabang Kupang, NTT, menutup semua rute pelayaran, karena cuaca buruk.

Liputan6.com, Kupang - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia (ASDP) Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menutup semua rute pelayaran, karena cuaca buruk.

"Semua lintasan ditutup, kecuali Kupang ke Hansisi dan dibuka lagi sambil menunggu informasi dari BMKG dan BPTD selaku regulator," kata General Manager ASDP Cabang Kupang, Sugeng Purwono, Senin (11/3/2024).

Sementara itu, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang, Sti Nenot'ek mengatakan cuaca ekstrem di NTT dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung pada periode 8-14 Maret 2024.

Dampaknya itu di Kabupaten Manggarai Barat,Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kupang, Kota Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

"Saat ini wilayah NTT masih berada pada periode musim hujan. Terdapat pusaran angin masuk di bagian Barat Daya Australia sehingga membentuk daerah perlambatan, pertemuan dan belokan angin di wilayah kita (NTT)," ungkap Nenot'ek.

Dia menjelaskan kondisi dinamika atmosfer juga didukung dengan aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang equatorial rossby, hangatnya suhu permukaan laut dan kelembapan yang cukup basah di tiap lapisan atmosfer yang mengindikasikan pasokan uap air di wilayah NTT cukup siginifikan.

"Hal ini mendukung terjadinya peningkatan pertumbuhan awan terjadinya potensi hujan sedang, sangat lebat dan hujan ekstrem yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat dalam sepekan ke depan," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan BMKG

BMKG mengimbau pemerintah daerah, masyarakat dan instansi terkait agar waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

"Khusus untuk daerah bertopografi curam, bergunung dan tebing patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat hujan dengan durasi panjang. Selain itu, masyarakat juga wajib memantau perkembangan informasi dan peringatan dini tiga harian dan peringatan dini melalui media sosial resmi BMKG," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini