Sukses

Jangan Khawatir, Berikut 5 Makanan Pengganti Nasi bagi Penderita Asam Lambung

Dengan mengganti nasi dengan makanan-makanan yang lebih ramah lambung penderita asam lambung dapat mengurangi gejala tidak nyaman dan menjalani hidup sehari-hari dengan lebih nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Asam lambung atau yang dikenal dengan istilah medis gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa terbakar yang tidak nyaman.

Penderita asam lambung sering kali disarankan untuk menghindari makanan yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung, termasuk nasi.

Namun, mengganti nasi dengan makanan lain yang lebih ramah lambung bisa menjadi pilihan yang baik.

Lantas, makanan apa saja yang bisa mengganti peranan nasi? Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan makanan pengganti nasi:

1. Kentang

Kentang menjadi salah satu makanan pengganti nasi dan bisa mengenyangkan perut. Kentang mengandung serat dan karbohidrat.

Satu porsi kentang 180 gram, mengandung sekitar 36,6 gram karbohidrat. Tidak hanya itu, kentang juga mengandung protein sebanyak 4,3 gram dan lemak 0,2 gram.

2. Ubi jalar

Serat yang ada pada ubi jalar mampu menetralkan asam lambung. Ubi jalar sama dengan kentang, mengandung karbohidrat dan bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

Tidak hanya mengandung karbohidrat, di dalam ubi jalar juga terdapat potassium, vitamin A, dan vitamin C.

3. Oatmeal

Oatmeal banyak mengandung karbohidrat dan juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Oatmel juga dapat menyerap kelebihan asam lambung.

Saat mengonsumsi oatmeal, Anda bisa menambahkan beberapa buah-buahan di atasnya. Buah-buahan yang disarankan seperti pisang dan alpukat.

Jangan menambahkan buah-buahan yang menjadi pantangan asam lambung karena akan memperparah kondisi asam lambung Anda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pisang

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah pisang bisa untuk menjaga daya tahan tubuh. Satu buah pisang mengandung 26,9 gram karbohidrat, selain itu juga terdapat potassium, vitamin A, dan vitamin C.

Jadi jika anda bosan mengonsumsi nasi, pisang adalah salah satu alternatif penggantinya.

5. Roti gandum

Makanan pengganti nasi yang tinggi karbohidrat adalah roti gandum. Satu potong roti gandum mengandung 12 sampai 20 gram karbohidrat.

Hal ini tentunya baik untuk penderita asam lambung. Selain itu, roti gandum juga bisa dikonsumsi dengan tambahan daging ayam atau sapi panggang.

Selain mengganti nasi dengan makanan-makanan di atas, penderita asam lambung juga disarankan untuk mengatur pola makan dan memperhatikan porsi makan.

Hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu dan lebih baik membagi makanan menjadi beberapa porsi kecil dalam sehari.

Selain itu, hindari makanan atau minuman yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung seperti makanan pedas, berlemak, berminyak, kopi, dan alkohol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini