Sukses

Bahaya Sering Mengelupas Kulit Kering, Ini Dampaknya pada Kesehatan Kulit

Mengelupas kulit kering dapat memperburuk kondisi ini, meningkatkan risiko infeksi dan iritasi lebih lanjut

Liputan6.com, Jakarta - Kulit kering seringkali menjadi masalah bagi banyak orang, terutama di musim yang dingin atau akibat pengaruh faktor lingkungan. 

Saat kulit terasa kering dan kasar, keinginan untuk mengelupas mungkin muncul sebagai solusi instan. Namun, tahukah Anda bahwa sering mengelupas kulit kering sebenarnya dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit Anda?

Dirangkum dari berbagai sumber, kulit merupakan barisan pertahanan pertama tubuh terhadap infeksi dan iritasi. Saat kulit mengering, lapisan pelindungnya juga terganggu. 

Mengelupas kulit kering dapat memperburuk kondisi ini, meningkatkan risiko infeksi dan iritasi lebih lanjut.

Mengupas kulit yang kering bisa menyebabkan iritasi tambahan. 

Terutama jika menggunakan benda tajam atau kuku yang tidak bersih, hal ini dapat mengakibatkan luka kecil dan memperburuk kondisi kulit.

Kulit yang terus-menerus diupas bisa menjadi lebih sensitif. Ini artinya, kulit akan lebih rentan terhadap reaksi alergi, gatal, dan peradangan.

Saat kulit mengalami kerusakan akibat pengupasan, proses penyembuhannya juga akan memakan waktu lebih lama. Ini berarti kulit akan tetap dalam kondisi kering dan rentan.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Mengatasi Kulit Kering

Bagaimana Mengatasi Kulit Kering Tanpa Mengelupas?

Gunakan Pelembap Berkualitas

Pilihlah pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda dan gunakan secara teratur. Ini membantu menjaga kelembapan kulit tanpa perlu mengupasnya.

Hindari Sabun yang Mengandung Bahan Keras

Beberapa sabun mengandung bahan yang dapat membuat kulit kering. Pilihlah sabun yang lembut dan bebas pewangi yang berlebihan.

Konsumsi Air yang Cukup

Minum air cukup sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit dari dalam.

Gunakan Scrub yang Lembut

Jika Anda ingin mengangkat sel-sel kulit mati, gunakan scrub yang lembut dan jangan digunakan terlalu sering.

Jadi, meskipun terlihat menggiurkan untuk langsung mengupas kulit yang kering, lebih baik lakukan tindakan yang lebih lembut dan pencegahan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Kulit yang sehat adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan dan penampilan yang baik.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.