Sukses

Profil Akira Toriyama Komikus Dragon Ball yang Meninggal Dunia di Usia 68 Tahun

Komikus legendaris Akira Toriyama dikabarkan meninggal dunia di usia 68 tahun. Ia dikenal sebagai kreator manga atau anime populer Dragon Ball.

Liputan6.com, Bandung - Kabar duka datang dari salah satu komikus legendaris dan populer asal Jepang, Akira Toriyama. Pria yang dikenal sebagai pembuat manga Dragon Ball dan Dr. Slump tersebut dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (1/3/2024).

Akira Toriyama dikabarkan meninggal dunia di usia 68 tahun. Ia mengidap penyakit hematoma subdural akut dan pemakamannya telah digelar secara tertutup dengan dihadiri keluarga dan kerabat dekatnya.

“Dia telah mewariskan banyak judul manga dan karya seni kepada dunia ini. Berkat dukungan banyak orang di seluruh dunia, dia mampu melanjutkan aktivitas kreatifnya selama lebih dari 45 tahun,” tulis situs resmi Dragon Ball.

Pihak studio yang menaungi Toriyama, Bird Studio turut membagikan kabar duka tersebut dengan mengenang kerja keras snag komikus.

Sebagai informasi, hematoma subdural yang diidap Toriyama merupakan penumpukan darah di selaput pelindung otak dan hal tersebut disebabkan karena pecah pembuluh darah.

“Dia sudah meninggalkan banyak judul manga dan karya seni ke dunia ini. Berkat dukungan banyak orang di dunia, dia bisa terus melakukan pekerjaan kreatifnya selama lebih dari 45 tahun. Kami berharap bahwa dunia unik karya Akira Toriyama terus dicintai oleh semua orang untuk jangka waktu yang lama,” kata pihak studio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Akira Toriyama

Melansir dari beberapa sumber, Akira Toriyama merupakan seorang komikus legendaris asal Jepang yang dikenal dengan karyanya yaitu Dragon Ball hingga Dr. Slump. Akira lahir pada tanggal 5 April 1955 di Nagoya, Aichi.

Toriyama tidak hanya dikenal sebagai seorang komikus legendaris tetapi juga menjadi sosok berpengaruh dalam dunia komik. Pasalnya ia dianggap sebagai sosok yang mengubah sejarah manga karena karyanya yang berpengaruh kepada artis-artis manga lainnya.

Dalam kehidupan pribadinya Akira Toriyama dikenal sebagai seorang pemalu dan tidak menyukai wawancara. Ia telah menikah dengan komikus manga shoujo Nachi Mikami pada 1982.

Melalui pernikahannya tersebut Toriyama telah memiliki dua orang anak yaitu satu anak laki-laki dan satu anak perempuan.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Akira Toriyama

Akira Toriyama memulai kariernya sebagai komikus setelah terinspirasi dengan film One Hundred and One Dalmatians (1961). Setelah menonton film tersebut ia mulai masuk ke dunia ilustrasi dan mempelajari karya-karya ilustrasi.

Namun perjalanannya benar-benar dimulai ketika Toriyama berhenti bekerja di usia 23 tahun. Ia mendaftarkan karya buatannya dalam beragam kontes amatir termasuk di Weekly Shonen Magazine dan Weekly Shonen Jump.

Melalui percobaan tersebut Akira Toriyama berhasil debut merilis manga bertajuk Wonder Island melalui Weekly SHonen Jump pada 1978. Sejak itu ia terus berkarier dalam dunia komik hingga mencoba berbagai genre.

Suatu hari Akira merilis komik Dr. Slump yang membuat namanya semakin terkenal di antara pecinta komik. Manganya terbit dengan 236 bab di Weekly Shonen Jump pada periode waktu 1980 hingga 1984.

4 dari 4 halaman

Semakin Dikenal dengan Dragon Ball

Setelah sukses dengan manga Dr. Slump editor Toriyama yaitu Kazuhiko Torishima memberikan saran kepadanya untuk membuat manga shonen dengan tema Kung Fu. Melalui saran tersebut ia mengembangkan cerita Dragon Boy yang dirilis dua bagian.

Tidak disangka cerita Dragon Boy mendapatkan antusiasme yang tinggi dan Toriyama mulai mengerjakan komik Dragon Ball pada 1984. Melalui komik Dragon Ball namanya semakin populer tidak hanya di Jepang tetapi di seluruh dunia.

Dragon Ball menjadi manga yang hits secara internasional dan menjadi salah satu ikon penuh kenangan bagi Generasi 80 dan 90an. Setelah rilis selama 11 tahun manga Dragon Ball sukses terjual hingga 159,9 juta kopi di Jepang.

Kemudian manga Dragon Ball juga mendapatkan adaptasi serial anime yang menjadikannya semakin populer. Saat ini karya Dragon Ball menjadi salah satu anime legendaris yang hampir diketahui di seluruh dunia.

Bahkan ceritanya diadaptasi menjadi beberapa film animasi, video gim, dan membuat jutaan merchandise yang laris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.