Sukses

Hari Perempuan Internasional Diperingati Setiap 8 Maret, Berikut Sejarah dan Tujuannya

Hari Perempuan Internasional diperingati pada 8 maret setiap tahunnya di seluruh dunia. Berikut sejarah dan tujuan dari peringatan tersebut.

Liputan6.com, Bandung - Hari Perempuan Internasional merupakan peringatan yang jatuh pada 8 Maret setiap harinya. Peringatan ini merayakan tentang sosok perempuan terutama terkait kesetaraan gender di antara masyarakat.

Mesin pencarian Google merayakan peringatan tersebut dengan membuat Google Doodle khusus tentang peringatannya. Terlihat gambar yang dibuat menampilkan sosok perempuan dengan warna-warni dan huruf O yang diubah menjadi simbol perempuan.

Berdasarkan keterangan Google Doodle, pada tahun ini tema tersebut dipilih untuk merayakan Hari Perempuan Internasional. Serta menceritakan bahwa pada 1975, PBB merayakan peringatan Hari Perempuan Internasional untuk pertama kalinya.

Peringatan Hari Perempuan Internasional juga memfokuskan untuk membuka mata tentang isu-isu yang ada. Mulai dari kesenjangan upah gender dan ras, hak-hak reproduksi, hingga pencegahan kekerasan terhadap perempuan.

Masyarakat merayakan hari tersebut untuk memperjuangkan bagaimana kesetaraan dan contoh positif pentingnya peringatan tersebut. Pasalnya sampai detik ini beberapa negara masih memiliki beragam isu-isu terkait perempuan yang harus diperjuangkan.

Peringatan ini juga menjadi tanda bahwa keadilan dan kesetaraan bagi perempuan telah diperjuangkan selama bertahun-tahun. Tanpa adanya tindakan berani dari orang-orang sebelumnya maka perempuan tidak bisa seperti sekarang.

Melansir dari situs resmi International Women’s Day, pada 2024 ini peringatannya mempunyai tema “inspire inclusion”. Tema tersebut mempunyai arti menginspirasi inklusi dan mempunyai makna dedikasi bagi semua orang agar memahami dan menghargai inklusi perempuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Peringatan Hari Perempuan Internasional telah dimulai sejak awal tahun 1900-an. Saat itu masa ekspansi besar-besaran dan turbulensi di negara-negara industri ditandai dengan pesatnya pertumbuhan populasi dan munculnya ideologi radikal.

Terjadi sebuah kerusuhan besar dan perdebatan kritis di kalangan perempuan karena seringnya perempuan mengalami penindasan dan kesenjangan. Para perempuan menjadi lebih vokal dan aktif mengkampanyekan perubahan.

Kemudian, pada 1908 terdapat sekitar 15.000 perempuan yang melakukan demonstrasi di New York City. Mereka menuntut adanya jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan hak untuk memilih.

Setahun kemudian sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika di negara tersebut Hari Perempuan Nasional pertama diperingati di seluruh Amerika pada 28 Februari. Perempuan mulai merayakannya di hari Minggu terakhir bulan Februari hingga 1913.

Diketahui Hari Perempuan Internasional diresmikan pertama kali pada 1911 dan menjadi momen yang penting bagi para perempuan di seluruh dunia. Setiap tahunnya peringatan ini mengangkat tema yang berfokus pada isu-isu tertentu yang dihadapi para perempuan.

3 dari 4 halaman

Memperjuangkan Hak-hak Perempuan yang Belum Terpenuhi

Melansir dari beberapa sumber peringatan Hari Perempuan Internasional menjadi penting karena tidak hanya memperingati pencapaian para wanita di masa lalu. Tetapi juga menjadi bentuk dorongan untuk selalu melakukan perubahan positif di masa depan.

Pada kesempatan ini para perempuan mempunyai kesempatan untuk bisa mengangkat isu-isu yang dihadapi para perempuan terutama di seluruh dunia. Selain itu masyarakat juga bisa menjadi lebih sadar tentang pentingnya kesetaraan gender di antara masyarakat.

Dalam mendapatkan kehidupan yang adil dan berkelanjutan penting untuk kita bisa memperjuangkan hak-hak perempuan yang belum terpenuhi. Terutama terkait hak-hak seperti kebebasan berekspresi, pendidikan, pekerjaan yang layak, kesehatan, dan lain-lain.

Melalui peringatan ini diharapkan masyarakat bisa melihat pentingnya menghargai hingga memperjuangkan hak-hak perempuan. Terutama untuk meningkatkan kualitas hidup dan memperkuat masyarakat secara keseluruhan.

4 dari 4 halaman

Inspirasi Kegiatan Merayakan Hari Perempuan Internasional

Berikut ini adalah beberapa inspirasi yang bisa dilakukan dalam merayakan Hari Perempuan Internasional:

1. Membagikan dan merayakan informasinya

Pada Hari Perempuan Internasional kita bisa merayakannya dengan membagikan kabar tersebut di media sosial atau platform lainnya secara online. Membagikan kabar tersebut membantu masyarakat luas menjadi tahu bahwa ada peringatan tersebut.

2. Mengikuti seminar atau diskusi tentang isu perempuan

Aktivitas kedua yang bisa dilakukan dalam merayakan Hari Perempuan Internasional adalah dengan mengikuti seminar atau diskusi terkait isu perempuan. Misalnya membahas isu kesetaraan gender, kekerasan terhadap perempuan, pendidikan, dan lain-lain.

3. Melaksanakan kampanye atau aksi solidaritas

Selain berdiskusi kita juga bisa melakukan aktivitas kampanye atau aksi solidaritas dalam memperjuangkan hak-hak para perempuan. Misalnya mengikuti demonstrasi, parade, atau kampanye online yang mengangkat isu terkait hak perempuan.

4. Memberikan penghargaan kepada perempuan

Kita bisa merayakan hari ini dengan memberikan penghargaan kepada sosok perempuan yang menginspirasi. Misalnya kepada sosok idola perempuan yang berbakat pada bidangnya atau memberikan apresiasi kepada sosok perempuan penting yang ada disekitar.

Contohnya memberikan apresiasi kepada sosok ibu, saudara perempuan, teman perempuan, guru, dan sosok perempuan lainnya yang menurut kita telah berjasa terutama dalam berbagai bidang yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini