Sukses

Desa Siapsiaga, Desa Siaga Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT) untuk bersinergi dalam Program Desa Siapsiaga.

Liputan6.com, Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT) untuk bersinergi dalam Program Desa Siapsiaga.

PKB dilaksanakan dalam rangka sinergi menyukseskan Program Desa Siapsiaga untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan di Desa, Daerah Tertinggal dan Kawasan Transmigrasi.

Sekretaris Utama BNPT, Bangbang Surono menegaskan, dengan memberdayakan seluruh komponen masyarakat dan aparat yang berada di dalamnya, Desa Siapsiaga mampu untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini penyebaran paham radikal terorisme.

"Desa Siapsiaga merupakan desa yang memiliki Daya Tahan dan Daya Tangkal terhadap masuknya ideologi radikal, terorisme dan ekstremisme kekerasan ke wilayah desa tersebut," kata Bangbang, saat memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di Gedung BUMN, Senin, 4 Maret 2024.

"Dengan memberdayakan seluruh komponen masyarakat dan aparat yang berada di dalamnya, tujuan Desa Siapsiaga untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini penyebaran paham radikal terorisme," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rencana Aksi Nasional

Diterangkan Bangbang, Program Desa Siapsiaga merupakan bagian dari rencana aksi nasional penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme, mengenai pengimplementasian sistem deteksi dini berbasis komunitas di sejumlah daerah yang diidentifikasikan menjadi wilayah prioritas atau rentan terpapar.

"Aksi ini diharapkan memperoleh hasil berupa sistem deteksi dini berbasis komunitas untuk pencegahan ekstremisme berbasis kekerasan, yang mengarah pada terorisme, baik di tingkat lokal desa dan nasional," terangnya.

Demi memaksimalkan kinerja Program Desa Siapsiaga, BNPT menggandeng Kementerian Desa untuk dapat bersinergi.

"Dalam rangka menyukseskan program ini, BNPT menggandeng Kementerian Desa PDTT RI untuk menyinergikan program kedua belah pihak yang menyasar masyarakat desa sebagai target dari programnya," Sestama BNPT, Bangbang menjelaskan.

3 dari 3 halaman

Dukung BNPT

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Taufik Madjid menyampaikan, jajarannya segera menindaklanjuti kerja sama ini secepatnya.

"Kami mendukung BNPT, dan sebaliknya BNPT juga mendukung tugas-tugas Kemendes. Desa itu jadi epicentrum dari pembangunan nasional. Saya kira, kita sama-sama harus segera melanjutkan tindak lanjut dari PKB, Jangan sampai kita menunggu lagi," ungkap Taufik.

Adapun ruang lingkup dari kerja sama ini terdiri dari pertukaran data dan informasi, pelaksanaan Suistanable Development Goals (SDGs) Desa Damai berkeadilan melalui Program Desa Siapsiaga.

Sosialisasi perdamaian antarwilayah melalui pendekatan kebudayaan, kearifan lokal dan karakteristik wilayah dalam mewujudkan kesiapsiagaan nasional. Lalu, peningkatan kapasitas aparatur dan masyarakat desa dalam hal penanggulangan terorisme dan kegiatan lainnya yang disepakati oleh para pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.