Sukses

Kemenkes Tekan RSUD Toto Gorontalo Harus Punya Pelayanan Bermutu

Ia menegaskan akreditas paripurna yang telah diraih oleh RSUD Toto Kabila menjadi amanat tersendiri untuk memberikan pelayanan.

Liputan6.com, Gorontalo - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia menekankan akreditas paripurna yang diraih oleh RSUD Toto Kabila, Gorontalo pada beberapa bulan kemarin harus sejalan dengan pelayanan yang bermutu.

Penekanan ini diutarakan dr Arif Wahyu Pratiwi dari Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI. Ia menegaskan akreditas paripurna yang telah diraih oleh RSUD Toto Kabila menjadi amanat tersendiri untuk memberikan pelayanan.

"Kami ingin melihat sejauh mana konsistensi RSUD Toto Kabila dalam melaksanakan pelayanan yang bermutu," kata dr Arif Wahyu Pratiwi.

Menurutnya jika RSUD Toto Kabila tidak bisa lepas dari standar input dengan memenuhi sarana prasarana yang sesuai dengan persyaratan.

"Terpenting SDM yang kompeten sesuai dengan klasifikasinya,” tegas dr Wahyu Pratiwi saat melakukan Monitoring dan Evaluasi di RSUD Toto Kabila pasca survei akreditasi Rumah Sakit, Senin (4/3/2024).

Ia mengungkapkan, jika standar yang sudah ada tidak bisa terpenuhi, maka akan sulit bagi rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang bermutu. Olehnya, dirinya meminta kepada rumah sakit merubah mindset dengan memenuhi standar input terlebih dahulu guna melakukan akreditasi.

"Akreditasi itu bukan membuat standar pelayanan yang baru, tetapi bagaimana implementasi standar yang sudah ada," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Toto Kabila, dr Ronald Ibrahim menuturkan, pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Berinovasi dan berbenah kearah yang lebih baik dengan visi terwujudnya pelayanan kesehatan rujukan yang cemerlang. Sementara misinya memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna, bermutu dan terjangkau yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.

"RSUD Toto Kabila ini berada di lokasi yang cukup strategis dengan akses yang mudah dilewati oleh semua jenis transportasi darat," kata Ronald.

Sehingga, kata Ronald, memudahkan masyarakat menuju ke RSUD Toto Kabila. "Rumah sakit ini juga terus berkembang dan mendapatkan kepercayaan masyarakat yang tercermin dari jumlah pasien yang terus bertambah," ujarnya.

dr Ronald juga menguraikan di RSUD Toto Kabila memiliki pelayanan rawat jalan unggulan seperti urologi, jiwa, mata, jantung, paru, penyakit dalam, rehab medic, kulit kelamin, THT, VCT, TB Dots, anak, obsgyn, gigi, bedah, dan bedah saraf dengan dokter spesialis yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini