Sukses

Waspadai Nyeri Otot Usai Olahraga dengan Perbanyak Pemanasan

Nyeri otot atau disebut myalgia dalam bahasa medisnya, bisa dirasakan banyak orang, pada saat usai berolahraga. Meski melakukan olahraga ringan, nyeri otot dapat terjadi karena jarang olahraga, kurang pemanasan, atau salah gerakan.

Liputan6.com, Tangerang - Nyeri otot atau disebut myalgia dalam bahasa medisnya, bisa dirasakan banyak orang, pada saat usai berolahraga. Meski melakukan olahraga ringan, hal tersebut bisa saja terjadi karena jarang olahraga, kurang pemanasan, atau salah gerakan. Fenomena ini disebut juga dengan delayed onset muscle soreness (DOMS), atau rasa nyeri otot akut yang muncul sesaat setelah berolahraga. Biasanya, nyeri otot akut akan hilang dengan cepat setelah selesai olahraga. Berbeda dengan gejala DOMS yang bisa bertahan hingga tiga hari. 

Teknik olahraga yang salah, misalnya terlalu cepat atau terlalu lama dalam melakukan suatu gerakan juga bisa menyebabkan nyeri otot. Untuk mengatasinya, setelah berolahraga dan mendapatkan nyeri otot hebat, harus segera ditangani.

“Bisa karena kurang pemanasan, kurang pendinginan atau salah dalam melakukan gerakan saat berolahraga,” kata Club Manager of Grid Fitness Hub, Mellie Leonita.

Grid Fitness Hub yang terletak di Carstensz Mall, Gading Serpong melengkapi fasilitasnya dengan Grid Recovery, yang menyediakan kesehatan bebas cedera. "Fasilitas ini cocok untuk para pegiat olahraga jika terjadinya cedera. Ke depannya, kami juga akan ada pop up store supaya teman-teman bisa merasakan fasilitas dari Grid Recovery," kata Mellie.

Perlu diketahui, fasilitas ini menawarkan berbagai layanan pemulihan dan pencegahan cedera olahraga, seperti physiotherapy rehab, sport recovery, dan consultation with physio therapist.

Mellie juga mengatakan, fasilitas Grid Recovery berkomitmen menyediakan layanan fisioterapi bagi para atlet dan individu aktif. Di mana, fisioterapis yang ada berasal dari Timnas Indonesia yakni Asep Aziz. "Kami memahami bahwa pemulihan yang optimal adalah kunci untuk mencapai performa terbaik, dan kami akan bekerja sama dengan pasien untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka," kata Mellie.

Lantaran menggandeng fisioterapis profesional, nantinya pengunjung bisa berkonsultasi terkait keluhan nyeri otot yang dirasakan saat atau usai berolahraga serta cara penanganannya. "Jadi, bisa tahu kalau misalnya merasa kurang enak di bagian persendian atau cedera, bisa langsung ke Grid Recovery," lanjut Mellie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.