Sukses

Jurus Klinik di Cirebon Jawab Keluhan Masyarakat Soal Akses Hingga Mahalnya Biaya Berobat

Penentuan lokasi yang strategis dan jauh dari rumah sakit menjadi Klinik Sehat Sejahtera sebagai alternatif masyarakat untuk menjangkau layanan kesehatan

Liputan6.com, Cirebon Kesehatan menjadi bagian penting dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Keberadaan layanan kesehatan berperan aktif dalam menyadarkan masyarakat akan menjaga diri dari sakit.

Direktur Keuangan Klinik Sehat Sejahtera Cirebon, Selli Lestari Ningrum mengatakan dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan tak sebatas memberikan pengobatan medis.

Ia mengatakan, penting bagi sebuah lembaga kesehatan di Cirebon untuk turun ke masyarakat agar bersama menjaga hidup sehat.

"Termasuk klinik yang kami launching hari ini tidak hanya fokus mengobati tapi tujuan utama kami membentuk gerakan merangkul masyarakat lebih hidup sehat karena berobat itu mahal," ujar Selli kepada media, Minggu (25/2/2024).

Ia mengatakan, Klinik Sehat Sejahtera Cirebon ini merupakan salah satu layanan kesehatan di Desa Kebarepan Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Lokasinya di jalur utama arteri pantura yang ramai dilalui berbagai jenis kendaraan.

Ia mengatakan, klinik yang dikelolanya menjadi alternatif bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan layanan kesehatan. Oleh karena itu, ragam layanan kesehatan hingga program kedepan akan terealisasi di klinik ini.

"Klinik ini berada di jalur ramai sementara itu untuk menuju ke rumah sakit butuh waktu tempuh yang cukup lama belum lagi sebelum berobat harus mengurus administrasi dan antri. Klinik kami bisa menjadi alternatif," ujar Selli.

Ia menyebutkan, hasil analisa dan survei internal, sebagian besar masyarakat sekitar klinik banyak menderita sakit batuk, pilek hingga gejala tipes. Namun, mereka terkendala jarak dan waktu ketika ingin berobat karena jangkauan ke rumah sakit dianggap jauh dan antri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Hingga Lansia

Bahkan, kata dia, tidak banyak penyedia kesehatan yang membuka layanan tumbuh kembang anak hingga lansia. Oleh karena itu, Selli memastikan kedepan akan membuka praktik layanan untuk tumbuh kembang anak.

"Banyak ya macam layanan tumbuh kembang anak, kami akan mengedukasi program ibu hamil, gizi yang benar hingga mencegah stunting. Apabila sudah lahir kemudian ada kendala speach delay dan lainnya kami akan siap mendampingi. Ini menjadi program yang sedang dipersiapkan sambil mengurus perijinan yang lain," ujar Selli.

Untuk lansia, Klinik Sehat Sejahtera membuka layanan booking online dengan menghubungi nomor pesan digital atau WA. Pasien baik lansia maupun umum, bisa membuat janji terlebih dahulu sebelum diperiksa ke dokter.

Selly menyebutkan, dalam operasionalnya, biaya berobat ke Klinik Sehat Sejahtera Cirebon Rp 70 ribu untuk sakit dasar. Biaya tersebut tergantung jenis penyakit dan resep obat yang diberikan dokter.

"Harga Rp 70 ribu untuk sakit dasar termasuk murah karena sudah sama obat kecuali ada pasien yang sudah cocok sama obat tertentu dan minta diresepkan dan tidak masuk dalam paket layanan kami maka harganya beda," ujar Selli.

Ia berharap, kehadiran klinik tersebut menjawab keresahan masyarakat yang masih kesulitan mengakses layanan kesehatan selain milik pemerintah. Ia mengaku kedepan akan melakukan kerjasama dengan BPJS kesehatan agar semakin menjangkau masyarakat.

"Yang paling penting adalah program kampanye kesehatan kami selain pengobatan itu sampai ke masyarakat," ujar Selli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.