Sukses

Cara Menghilangkan Tinta Pemilu di Jari Tangan

Berikut beberapa cara mudah menghilangkan bekas tinta Pemilu di jari tangan

Liputan6.com, Yogyakarta - Tinta di jari tangan menjadi bukti seseorang telah menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 2024. Meski hanya di salah satu ujung jari, tetapi tinta yang sudah terkena kulit sulit dihilangkan bekasnya.

Selain sebagai tanda sudah mencoblos, jari dengan tanda tinta ungu biasanya juga kerap dijadikan syarat diskon khusus bagi beberapa toko atau brand. Media sosial pun akan dibanjiri dengan konten pose salah satu jari berwarna ungu sebagai isyarat bahwa ia sudah mencoblos.

Meski terkesan keren, tak jarang beberapa orang ingin segera menghilangkan bekas tinta tersebut sesaat setelah Pemilu usai. Berikut beberapa cara menghilangkan tinta Pemilu di jari tangan seperti dikutip dari beberapa sumber:

1. Sabun

Cara paling mudah dan sederhana untuk menghilangkan bekas tinta di jari adalah dengan menggosoknya menggunakan sabun. Gosok area yang terkena tinta dengan sabun dan air hangat secara lembut, kemudian bilas hingga bersih.

Untuk mempermudah, gunakan sikat untuk membantu mengangkat sisa tinta. Jika noda tinta masih tersisa, kamu bisa mengulangi cara ini selama tiga kali.

2. Pasta Gigi

Selain dengan sabun, kamu juga bisa menghilangkan bekas tinta di jari dengan pasta gigi. Oles tipis pasta gigi pada area yang terkena tinta dan gosok menggunakan sikat gigi bekas dengan gerakan melingkar. Diamkan sejenak kemudian bilas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alkohol

3. Alkohol

Gunakan alkohol minimal 70 persen dengan cara menuangkannya pada kapas. Pastikan kapas cukup basah, tetapi jangan terlalu berlebihan.

Gosok perlahan area yang terkena tinta dengan gerakan melingkar. Setelah selesai, bilas dengan air dan sabun untuk menghilangkan residu alkohol dan mencegah iritasi kulit.

4. Aseton

Selain alkohol, kamu juga bisa menggunakan aseton. Aseton adalah zat kimia yang biasanya digunakan untuk membersihkan kuku dari kuteks.

Tuangkan aseton secukupnya pada kapas, kemudian gunakan untuk menggosok area jari yang terkena tinta. Ulangi hingga tinta benar-benar hilang.

5. Hand sanitizer

Selain digunakan sebagai pembersih tangan, hand sanitizer juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas tinta Pemilu. Tuang hand sanitizer ke kapas dan oles melingkar pada area yang terkena tinta. Gosok perlahan hingga tinta benar-benar hilang.

6. Cuka

Gunakan cuka yang dicampur air hangat untuk menghilangkan bekas tinta pada jari dengan cara merendamnya. Setelah beberapa menit, gosok perlahan jari untuk mengangkat tinta kemudian bilas dengan air untuk membersihkan residu cuka. Agar kulit tetap lembap, aplikasikan pelembap setelahnya.

7. Garam dan jus lemon

Menghilangkan bekas tinta ungu pada jari juga bisa menggunakan bahan-bahan alami, seperti garam dan jus lemon. Campurkan garam dan perasan jeruk lemon, kemudian rendam jari tangan yang terkena tinta Pemilu selama beberapa menit. Selanjutnya, gosok perlahan hingga sisa tinta hilang.

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini