Sukses

Mahfud Md Coblos di Yogya, Begini Pengamanannya

Mahfud Md akan mencoblos di TPS 106, Jalan Jati No 61 Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, yang tak jauh dari rumahnya. Polda DIY pastikan telah menyiapkan pengawalan melekat kepada calon presiden maupun calon wakil presiden (capres-cawapres) yang melakukan kegiatan di wilayah hukumnya. Tidak terkecuali pada agenda pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 mendatang

Liputan6.com, Yogyakarta - Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan memastikan telah menyiapkan pengawalan melekat kepada calon presiden maupun calon wakil presiden (capres-cawapres) yang melakukan kegiatan di wilayah hukumnya. Tidak terkecuali pada agenda pencoblosan tanggal 14 Februari 2024.

Diketahui cawapres nomor urut 3 Mahfud Md akan melakukan pencoblosan untuk Pemilu 2024 esok di kediamannya yakni di Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY. Direncanakan Mahfud sudah akan tiba di rumah pada Selasa (13/2/2024) siang nanti.

"Ya sesuai dengan surat perintah operasi Mantap Brata bahwa capres dan cawapres itu tetap mendapatkan pengamanan, itu sudah ada suratnya sudah ada personelnya," kata Suwondo, Selasa (13/2/2024).

Pengamanan itu dilakukan kepada capres-cawapres sejak penetapan para kandidat. Hal tersebut akan berlaku sampai nanti pada kegiatan pemilu dinyatakan selesai.

"Dalam setiap kegiatan sampai dengan kegiatan pemilu ini dinyatakan selesai dan baru ada perintah lebih lanjut. Jadi tetap dilakukan pengamanan kepada beliaunya (capres-cawapres)," jelasnya.

Disampaikan Suwondo, pihaknya sudah menyiapkan satu tim khusus yang melekat kepada capres-cawapres saat berada di Jogja. Dalam hal ini nantinya otomatis berlaku kepada Mahfud Md yang akan melakukan pencoblosan di Sleman.

Pengawalan itu nantinya akan melibatkan tim advanced, pengawal lalu lintas, pengamanan dan penyelamatan hingga tim kesehatan yang mencakup dokter, paramedis, serta sopir ambulans. Pengawalan sudah mulai dilakukan sejak capres atau cawapres tiba di bandara.

"Jadi kalau capres-cawapres datang ke sini ke Jogja maka yang mengawal itu pasukan yang sudah dibentuk oleh Polda (DIY) khusus penanganan capres-cawapres, itu dilekatkan langsung mulai dari bandara," terangnya.

"Langsung sudah siap dari rangkaian pengawalan dari mulai pengawalan depan, pengawalan matan ada pengawalan pakai mobil baru belakangnya kesehatan, itu melekat. Nanti kalau beliau keluar daerah Jogja ya itu wilayah yang dituju yang menyiapkan," ungkapnya.

Diketahui Mahfud akan mencoblos di TPS 106, Jalan Jati No 61 Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, yang tak jauh dari rumahnya. Namun sebelum itu ada sejumlah agenda yang akan dilakukan.

Berdasarkan agenda yang diterima, Mahfud dD akan terlebih dulu menggelar tirakatan di kediamannya. Kemudian mantan Menko Polhukam itu bakal melakukan panggilan video untuk berdoa bersama bersama anak dan cucunya yang berada di Belanda.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.