Sukses

Ratusan Polisi Mulai Disebar Kawal Pencoblosan di Ribuan TPS Pelalawan

Liputan6.com, Pekanbaru - Ratusan personel Polres Pelalawan mulai dikerahkan ke tempat pemungutan suara (TPS). Mereka akan mengawal hari pencoblosan pemilihan umum (Pemilu) di ratusan TPS yang tersebar di ribuan lingkungan rukun warga.

Pelepasan polisi pengamanan Pemilu 2024 ini berlangsung Minggu pagi, 11 Februari 2024. Kapolres Pelalawan Ajun Komisaris Suwinto memimpin pergeseran pasukan ini didampingi Waka Polres Komisari I Komang Aswatama.

Suwinto menjelaskan, ada 365 personel Polres Pelalawan dikerahkan mengamankan TPS. Setiap personel bisa ditugaskan mengawal beberapa TPS sesuai tingkat keamanan dan ketertibannya.

"TPS di Pelalawan ada 1.106 titik, kemudian ada bantuan 109 dari Polda Riau mengawal TPS," kata Suwinto.

Ribuan TPS itu tersebar di 12 kecamatan, 14 kelurahan, ratusan desa dan ribuan RT. Pengamanan juga dibantu oleh TNI, petugas Linmas dari pemerintah daerah dan Satpol PP.

Polisi dan petugas pengamanan lainnya diperintahkan menjalankan sinergitas. Jika ada kendala laporkan secara berjenjang dan selalu berkomunikasi dengan KPPS.

"Petugas jangan underestimate pada setiap perubahan situasi, jika terdapat kendala, segera laporkan secara berjenjang kepada pimpinan," ujar Suwinto.

Petugas begitu tiba di lokasi TPS diperintahkan lakukan pengenalan lingkungan masyarakat sekitar. Petugas diminta beradaptasi cepat dengan warga untuk mempermudah komunikasi.

"Ini akan mempermudah pelaksanaan tugas pada hari pencoblosan dan penghitungan," jelasnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Stamina

Suwinto mengingatkan personel Polres Pelalawan dan Polda Riau jaga stamina dan semangat menjalankan tugas. Begitu juga dengan keselamatan diri menuju dan sewaktu berada di TPS.

"Lakukan tugas penuh secara bertanggung jawab, jangan lupa bawa peralatan yang diperlukan," imbuh Suwinto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.