Sukses

Viral Video Harimau Sumatra Mondar-Mandir di Jalan Raya, Warga Pesisir Barat Ketar-Ketir

Liputan6.com, Lampung - Masyarakat Lampung yang melintas di Jalan Lintas Barat, Kabupaten Pesisir Barat melaporkan telah melihat harimau Sumatra. Peristiwa yang terjadi pada Jumat malam (9/2/2024) sempat diabadikan oleh saksi dan viral di sosial media. 

Video viral yang berdurasi 1 menit 6 detik tersebut menampilkan harimau Sumatera muncul dari kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Lampung.

 

Raja hutan bernama latin Panthera Tigris Sumatra itu, mucul dari dalam hutan TNBBS kemudian menyebrangi Jalan Lintas Barat, Lampung sambil mengamati kendaraan warga. 

"Harimau boy, di kawasan hutan. Di kawasan Sedayu. Ini real harimau Sumatera, Lampung punya. Hati hati yang lewat arah Krui," ucap perekam dalam video tersebut. 

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Lampung BKSDA Bengkulu, Joko Susilo membenarkan video viral tersebut.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitigasi Munculnya Harimau

Dia menjelaskan, pihaknya telah melakukan mitigasi terkait dengan kemunculan harimau Sumatera tersebut.

"Kami sudah mengkonfirmasi sumber video tersebut, melalui Kepala Resort Pemerihan Balai Besar TNBBS. Memang benar harimau itu melintas di Jalan Lintas Barat, Lampung," kata Joko Susilo, Sabtu (10/2/2024). 

Meski demikian, dia menyampaikan bahwa lokasi harimau yang dikatakan perekam video itu bukanlah di Desa Sedayu. Melainkan di Jalan Lintas Barat, Desa Sanggi, Kecamatan Bengkunat Pemerihan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. 

Dia mengatakan, petugasnya telah terjun ke lokasi untuk menindaklanjuti atas beredar video tersebut.

"Kami masih menunggu informasi perkembangan dari tim di lapangan, kemudian selanjutnya akan dilakukan langkah-langkah mitigasi yang tepat untuk satwa Harimau Sumatera," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.