Sukses

Mengenal Danau Toba, Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi

Danau Toba mempunyai berbagai macam destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Tempat ini mempunyai pemandangan alam yang sangat mempesona.

Liputan6.com, Bandung - Sumatra Utara mempunyai salah satu tempat wisata yang menyimpan pesona alam indah dan menakjubkan yaitu Danau Toba. Danau ini berlokasi di tengah-tengah daratan Sumatra Utara dengan luas sekitar 1.145 kilometer persegi.

Melansir dari Wonderful Indonesia luasnya danau toba bahkan sering disebut mirip lautan daripada danau. Danau Toba diperkirakan terbentuk dari letusan dahsyat sebuah gunung api yaitu Gunung Toba.

Letusan tersebut diperkirakan terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu dan menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba saat ini masih menjadi tempat yang cocok untuk bersantai karena udaranya yang sejuk dan suasana yang tenang.

Pemandangan yang bisa dilihat dari danau ini mulai dari pemandangan gunung dan pepohonan hijau yang segar. Di sekitar danau ini juga terdapat desa-desa tradisional yang bisa membawa kita belajar tentang tradisi dan kebudayaan sekitar.

Untuk berkunjung ke Danau Toba wisatawan bisa menggunakan jalur darat dari Medan. Waktu tempuh dari Medan ke Danau Toba memakan waktu sekitar 4 jam lebih dan bisa dikunjungi menggunakan bus atau kendaraan pribadi.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Toba tidak hanya menikmati pemandangan sekitar tetapi juga bisa melakukan sejumlah aktivitas menarik. Mulai dari berkeliling di kawasan Pulau Samosir hingga mengunjungi Museum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Destinasi Wisata di Sekitar Danau Toba

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Danau Toba:

1. Bukit Holbung

Bukit Holbung adalah sebuah bukit indah yang lokasinya ada di Dolok Raja, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Bukit ini bahkan pernah menjadi tempat lokasi syuting film Indonesia bertajuk “Ngeri-Ngeri Sedap”.

Bukit Holbung menampilkan pesona alam yang indah karena bisa melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian. Kontur tanahnya yang bergelombang juga membuatnya semakin menarik dan unik.

2. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun berlokasi di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Samosir. Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dan mempunyai ketinggian sekitar 70 meter.

Diketahui air yang turun dari air terjun tersebut berasal dari Sungai Lom menuju Danau Toba. Sementara itu pengunjung yang ingin melihat pemandangan indah dari Air Terjun Situmurun harus menggunakan kapal.

3 dari 4 halaman

Destinasi Wisata di Sekitar Danau Toba

3. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara merupakan tempat wisata yang mempunyai spot pemandangan indah untuk melihat Danau Toba dan perkampungan Bakara. Tempat ini juga merupakan tanah kelahiran dari pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII.

Lokasi Lembah Bakkara ada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas, Sumatra Utara. Keindahannya juga diperkuat dengan dua aliran sungai yang membelah lembah tersebut yaitu Sungai Aeks Silang dan Sungai Aek Simangira.

4. Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata merupakan air terjun yang memiliki tinggi sekitar 20 meter di atas permukaan tanah. Tempat ini menarik wisatawan karena pemandangannya dan bisa melihat pemandangan Danau Toba dari atas.

Selain melihat pemandangan Danau Toba pengunjung juga bisa menikmati sejumlah fasilitas yang tersedia seperti warung dan gazebo. Lokasi air terjun ini ada di Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

4 dari 4 halaman

Destinasi Wisata di Sekitar Danau Toba

5. Bukit Gajah Bobok

Bukit Gajah Bobok adalah bukit yang cocok untuk dikunjungi oleh pendaki pemula yang ingin berkemah sambil menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian. Lokasinya ada di Jl. Raya Merek-Sidikalang, Situnggaling, Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Nama bukit ini konon katanya berasal dari bentuk bukit yang sangat mirip seperti gajah sedang tertidur. Sementara itu hal menarik dari bukit ini adalah pemandangannya yang indah dan pada malam hari akan dipenuhi oleh pemandangan bintang-bintang.

6. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Tempat wisata ini memiliki sejumlah spot foto Instagramable dengan pemandangan yang indah.

Berlokasi di tepi Danau Toba menjadikan tempatnya menarik untuk wisatawan terlebih lagi terdapat bunga-bunga cantik di kebun tersebut. Sebagai informasi tempat ini merupakan sebuah penginapan Sapo Juma dan wisatawan yang tidak menginap masih bisa berkunjung dengan membayar tiket masuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.