Sukses

Jokowi: RSUD Kumpulan Pane Perlu Ditingkatkan Fasilitasnya

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kumpulan Pane di Kota Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (7/2/2024).

Liputan6.com, Medan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kumpulan Pane di Kota Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (7/2/2024).

Turut mendampingi Jokowi, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin. Dikatakan Jokowi, RSUD Kumpulan Pane berperan strategis menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat Kota Tebing Tinggi dan sekitarnya.

"Di rumah sakit ini, dari kabupaten sekitar banyak berdatangan, tadi banyak dilihat, jumlah pasien cukup banyak," kata Jokowi.

Meski banyak, menurut Jokowi, rumah sakit tersebut perlu ditambah kapasitasnya. RSUD Kumpulan Pane memiliki kapasitas 202 tempat tidur, padahal banyak warga luar Tebing Tinggi yang datang berobat.

Jokowi meminta Pemerintah Daerah untuk membuat proposal penambahan kapasitas dan fasilitas rumah sakit tersebut. "Saya sampaikan tadi dibuatkan proposalnya, nanti dibangun Pemerintah Pusat," ujarnya.

Di RSUD Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi, Jokowi dan rombongan mengecek berbagai hal, mulai dari bangunan hingga pelayanan.

"Saya selalu berkunjung di kota dan kabupaten lain, mengecek pelayanan kesehatan, ngecek fasilitas rumah sakit, ngecek gedung rumah sakit, ngecek pendaftaran pasien, ngecek layanan BPJS, seperti apa kecepatannya, itu yang selalu dilihat," kata Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Fasilitas Kesehatan

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, mengapresiasi kunjungan Presiden Jokowi di salah satu rumah sakit yang ada di Sumut. Menurutnya, Presiden dapat melihat fasilitas rumah sakit yang ada di Sumut.

"Presiden sudah melihat salah satu fasilitas rumah sakit. Usai kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan fasilitas kesehatan yang sudah dilihat," ucapnya.

Dengan bertambahnya kualitas pelayanan kesehatan, diharapkan masyarakat tidak lagi banyak berobat ke luar negeri. Hassanudin juga mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sedang meningkatkan fasilitas kesehatannya, salah satunya Rumah Sakit Umum Haji Medan.

"Pemprov Sumut berupaya terus meningkatkan fasilitas pelayanan fasilitas kesehatan salah satunya di RSU Haji Medan, kita ingin masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan dengan optimal," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Resmikan Jalan Tol

Sebelumnya, Jokowi meresmikan 2 ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang ditargetkan dapat mengintegrasikan pergerakan logistik di kawasan ekonomi Provinsi Sumut.

Kedua jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Indrapura-Kisaran seksi I Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 Kilometer (Km) garapan Hutama Karya, dan Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi I Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28 Km yang digarap oleh anak usaha Hutama Karya, Hutama Marga Waskita (HMW).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.