Sukses

Profil Port FC, Klub Thai League 1 yang Rekrut Asnawi Mangkualam dari Jeonnam Dragons

Asnawi Mangkualam akan bergabung dengan Port FC mulai paruh kedua Thai League 1 musim 2023/2024.

Liputan6.com, Yogyakarta - Port FC resmi merekrut pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam. Klub yang berkompetisi di Thai League 1 itu mengumumkan perekrutan tersebut pada Jumat (26/1/2024).

Asnawi Mangkualam akan bergabung dengan Port FC mulai paruh kedua Thai League 1 musim 2023/2024. Pemain asal Makassar itu diboyong setelah menghabiskan masa kontraknya bersama Jeonnam Dragons musim ini.

Port FC sekaligus menjadi klub kelima Asnawi Mangkualam di level profesional.Sebelumnya Asnawi sudah berkarier di Persiba Balikpapan, kemudian PSM Makassar. Berkat penampilannya di Juku Eja itu, ia diboyong klub Korea Selatan Ansan Greeners, kemudian Jeonnam Dragons.

Lantas bagaimana profil Port FC? Klub yang bermarkas di PAT Stadium itu merupakan salah satu klub besar di Thailand. Namun sejak didirikan pada 1967, klub itu belum belum pernah menjuarai liga.

Kendati begitu, klub berjuluk Port Lions masih terhitung sebagai klub sukses di Liga Thailand dengan koleksi tiga gelar FA Cup dan satu League Cup. Tim yang berbasis di Bangkok itu juga punya delapan trofi Kor Royal Cup dan enam Queen's Cup.

Pada medio 2011-2015, Port FC mengalami masa kelam. Mereka sempat terpuruk sebab izin operasional klub, imbasnya harus terdegradasi ke Thai League 2 musim 2013.

Nama Port FC kembali naik pada 2015 saat kursi kepemimpinan klub diambil alih Nualphan Lamsam atau dikenal juga dengan panggilan Madam Pang. Hasilnya tentu saja klub itu kembali tampil di kasta tertinggi kompetisi Thailand.

Setahun berikutnya, Port FC masih terpincang hingga harus kembali ke kasta kedua. Namun mulai dari musim itu, Port FC perlahan menjadi klub yang disegani di Thailand.

Sejak musim itu, Port FC selalu mengakhiri musim di tiga besar dalam lima musim terakhir.

Kinerja Madam Pang di Port FC dinilai federasi merupakan prestasi. Mereka pun merekrutnya untuk menjadi presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT). Sehingga saat ini kursi presiden klub Port FC dipercayakan kepada adik Madam Pang, Chalermochoke Lamsam.

Musim ini, Port FC bersaing untuk mengejar gelar juara liga. Mereka membayangi Bangkok United dan Buriram United yang berada di peringkat 1 dan 2.

(Taufiq Syarifudin)

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.