Sukses

Melihat Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bentuk Tanda Tangan

Ilmu grafologi mempercayai bahwa gerakan otot yang dilakukan seseorang saat menulis merupakan representasi yang berasal pola sistem syaraf Ideo Motor Responses (IMR).

Liputan6.com, Yogyakarta - Kepribadian setiap orang bisa dibedakan dari berbagai hal. Salah satu cara melihat kepribadian seseorang adalah dengan melihat bentuk tanda tangannya.

Mengutip dari laman Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, Abbe JH Michon mengungkapkan bahwa pengelompokan sifat manusia bisa didasarkan pada karakteristik grafis goresan pena. Ilmu ini kemudian disebuat sebagai grafologi.

Ilmu grafologi mempercayai bahwa gerakan otot yang dilakukan seseorang saat menulis merupakan representasi yang berasal pola sistem syaraf Ideo Motor Responses (IMR). Otot-otot ini bergerak tanpa disadari sebagai reaksi atas stimulasi alam bawah sadar.

Ilmu grafologi juga menganggap goresan pena tangan mampu mengungkap banyak elemen dari kepribadian serta karakter masing-masing individu. Melalui goresan pena, kita bisa melihat respon emosional, intelektualitas, motivasi, energi, hingga motivasi seorang.

Berikut beberapa tipe kepribadian berdasarkan tanda tangan:

1. Tanda tangan dengan inisial nama

Tanda tangan berupa inisial nama menandakan seorang yang menjaga privasi. Selain itu, orang yang memiliki tanda tangan berupa inisial nama termasuk tipe orang yg tidak terlalu suka bertele-tele.

Hal ini juga bisa diartikan sebagai bentuk kepercayaan diri dan aktualisasi diri. Orang dengan tanda tangan berupa inisial biasanya memiliki harga diri yg relatif tinggi, apalagi jika yang lebih ditonjolkan adalah nama depannya.

2. Tanda tangan yang diakhiri dengan garis bawah

Seseorang yang memiliki tanda tangan yang diakhiri dengan garis bawah diindikasikan sebagai orang yang berkeyakinan dan memiliki keberanian penuh. Orang ini biasanya juga pantang menyerah.

Kepribadian lain yang dimiliki oleh tipe tanda tangan ini adalah adanya jiwa kepemimpinan. Namun, jika garis bawah tanda tangan terlalu pendek diindikasikan sebagai seseorang yang memiliki karakter terlalu bossy (suka memerintah, mengatur, dan mengontrol orang lain).

3. Tanda tangan yang cenderung miring ke atas

Tak jarang ada orang yang memiliki tanda tangan dengan lengkungan yang cenderung miring ke atas. Orang ini biasanya memiliki kepribadian eksklusif yang percaya dengan masa depan cerah.

 Mereka dianggap memiliki semangat kerja dan inisiatif tinggi, sehingga setiap pekerjaan yang diberikan selalu diselesaikan dengan cepat. Beberapa dari mereka juga termasuk orang yang hangat, ramah, dan memiliki rasa kepedulian tinggi

4. Tanda tangan yang penuh dekorasi

Orang dengan tanda tangan yang dipenuhi berbagai dekorasi dan hiasan biasanya adalah orang yang suka mencari perhatian. Beberapa dekorasi yang dimaksud adalah bentuk hati, bintang, garis-garis, bahkan lingkaran.

Tipe tanda tangan ini juga diartikan sebagai karakter seseorang yang kurang percaya diri. Mereka biasanya juga pintar berbohong dan cenderung agresif.

Lebih lanjut, dekorasi-dekorasi yang terdapat di sekeliling tanda tangan mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki sifat yang menutup diri atau kerap melakukan pembelaan terhadap diri sendiri. Hal ini karena mereka mempunyai kecenderungan pesimis.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini