Sukses

Reskrim Polresta Kolaborasi dengan Pegiat Medsos di Pekanbaru Lawan Hoaks

Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru menggandeng influencer dan admin media sosial lawan hoaks di dunia digital menjelang pemilihan umum.

Liputan6.com, Pekanbaru - Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru menggandeng influencer dan admin media sosial lawan hoaks di dunia digital. Mereka diajak duduk santai sembari menikmati kopi serta panganan ringan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru Komisaris Berry Juana Putra juga menggandeng konten kreator multiplatform. Tujuannya sebagai benteng isu pemecah bangsa jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Termasuk mencegah beredarnya isu-isu yang berhubungan dengan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), tujuannya mewujudkan Pemilu damai," kata Berry, Rabu petang, 17 Januari 2024.

Mantan Kasat Reskrim Polres Kampar ini yakin silaturahmi yang dilanjutkan kolaborasi berdampak positif memberikan informasi positif kepada masyarakat. Para admin dan konten kreator itu bisa dengan cepat melawan hoaks di dunia digital.

"Informasi datangnya dari jempol dan klik teman-teman ini, informasi disebarkan ke media sosial hingga akhirnya dibaca masyarakat," kata Berry didampingi Kanit Jatanras Iptu Reynaldi dan Ipda Vani selaku Kasubnit Tipiter Siber.

Berry yakin banyak admin media sosial di Kota Pekanbaru melakukan verifikasi sebelum mengunggah sebuah informasi. Upaya itu perlu lebih dalam lagi agar berita-berita hoaks bisa ditangkal.

"Kami minta teman-teman sebelum ada posting sesuatu cek betul-betul, lihat lagi apakah informasi itu benar atau tidak, jangan sampai berita yang tidak benar, salah kemudian viral dan membuat resah masyarakat khususnya jelang Pemilu ini," kata Berry.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Verifikasi Langsung

Berry juga memberikan nomor telephone pribadinya untuk bisa saling bertukar informasi. Terutama jika ada admin media sosial yang ingin verifikasi informasi di tengah-tengah masyarakat.

Berry juga membuka diri apabila ada keluhan dan ada informasi kejahatan di Pekanbaru. Khususnya kejahatan jalanan yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Kita bersinergi, mau diskusi silahkan dan kita juga terbuka untuk teman-teman yang mau verifikasi informasi, khususnya jika ada berita hoaks, berita bohong, atau isu SARA, mari kita jaga Pemilu ini aman dan damai," kata Berry.

Jarwo, salah satu admin media sosial di Pekanbaru mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan Polresta Pekanbaru dengan penggiat media sosial ini.

"Ini tentunya berdampak positif kepada kami khususnya admin-admin medsos yang ada di Pekanbaru, kami merespon niat baik bapak Kasat merangkul kami," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.