Sukses

Intip Cara PSS Sleman Tingkatkan Performa Tim 

Langkah ini diambil manajemen PT Putra Sleman Sembada (PSS) untuk meningkatkan performa tim agar dapat bersaing di Liga 1 musim ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - PSS Sleman resmi memperkenalkan dua personel tim pelatih baru untuk melakoni lanjutan Liga 1 2023/2024. Mereka adalah Anel Hidic yang dipercaya sebagai pelatih fisik, dan Esad Selimovic sebagai analis video.

Langkah ini diambil manajemen PT Putra Sleman Sembada (PSS) untuk meningkatkan performa tim agar dapat bersaing di Liga 1 musim ini. Terlebih kedua pelatih ini sama-sama berasal dari Serbia, atau tempat asal sang pelatih kepala Risto Vidakovic.

Hal ini pastinya akan mempermudah komunikasi di tim pelatih, sebab mereka sama-sama berbasa Srpski atau bahasa Serbia. Sebelumnya PSS Sleman memiliki Kartono Pramdhan yang masih berstatus sebagai pelatih fisik. Kartono telah menjabat pelatih fisik sejak Laskar Mataram diasuh oleh Seto Nurdiyantoro pada musim 2022.

Risto Vidakovic juga mengakui jika kedua personel tim pelatih itu bukanlah orang baru. Mereka sempat bekerja sama saat menangani salah satu klub sepak bola di Bosnia.

“Mereka telah bekerja cukup lama di tim sepak bola profesional di Bosnia. Kedua pelatih tersebut juga telah memegang lisensi UEFA Pro dan A dengan pengalaman panjang berkecimpung di dunia sepak bola profesional,” kata Risto Vidakovic, Rabu (10/1/2024).

Pelatih yang memiliki paspor Spanyol ini menyebut, ia memang membutuhkan tim analis video yang selama ini kosong di tubuh Laskar Sembada. Ia pun menyarankan Esad Selimovic untuk digaet pada jeda internasional ini untuk menambah kekuatan tim.

“Mengenai Esad Selimović, dia membantu saya sebagai analis video. Kami tahu selama ini pekerjaan tersebut (analis video) saya lakukan sendiri. Saatnya bekerja bersama dan tentunya hal ini meningkatkan kualitas kerja dan taktikal yang lebih baik,” ucapnya.

Esad Selimovic sebelumnya memiliki jabatan Manajer di Klub Bosnia, FC Olimpik pada 2019. Di karier kepelatihannya Ia telah memiliki lisensi UEFA Pro sejak 2006.

Sementara Anel adalah pria kelahiran 12 Desember 1983 ini akan berkolaborasi dengan Kartono Pramdhan untuk menangani kebugaran Kim Jeffrey Kurniawan dkk.

Anel memiliki lisensi UEFA A yang ia dapat pada tahun 2014. Ia bahkan memiliki gelar Master dalam Ilmu Olahraga dari Universitas Sarajevo, Bosnia. Klub Bosnia, FK Zeljeznicar jadi klub terakhir yang ia latih sebelum PSS datang merekrutnya.

“Coach Anel memiliki pengalaman sebagai pelatih fisik yang bagus. Harapannya, mereka mampu mengangkat performa tim PSS secara kebugaran fisik di kompetisi,” kata Risto.

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini