Sukses

Melihat Modal Penting yang Jadi Keunggulan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Dari tiga lawan itu, Jepang adalah salah satu tim peserta yang telah langganan tampil di Piala Dunia belakangan ini. Tak heran langkah Indonesia diprediksi akan semakin berat untuk melangkah ke babak berikutnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia akan tampil di Piala Asia 2023 mulai 15 Januari 2024 mendatang, Di fase grup, mereka akan melawan tim-tim tangguh seperti Jepang, Irak, dan Vietnam.

Dari tiga lawan itu, Jepang adalah salah satu tim peserta yang telah langganan tampil di Piala Dunia belakangan ini. Tak heran langkah Indonesia diprediksi akan semakin berat untuk melangkah ke babak berikutnya.

Meski demikian, ada sejumlah keunggulan atau keuntungan yang bisa dimanfaatkan Indonesia untuk membuat peluang lolos ke babak berikutnya menjadi lebih besar.

Berikut ini modal penting yang dapat menjadi keuntungan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023:

1. Pemain Indonesia tampil di Eropa

Tak bisa dimungkiri jika Timnas Indonesia saat ini punya sejumlah pemain yang tampil di kompetisi Eropa. Misalnya Rafael Struick, Sandy Walsh, Justin Hubner, Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan.

Pemain-pemain itu bahkan terbukti menjadi tulang punggung Timnas Indonesia dalam dua laga uji coba terakhir lawan Libya tempo hari. Kualitas permainan baik secara teknis maupun fisik dapat terbukti di lapangan.

Hal ini tentu saja menjadi modal penting bagi Indonesia untuk berbicara banyak di ajang turnamen se-Asia tersebut.

2. Gambaran di uji coba

Timnas Indonesia melakukan serangkaian uji coba sebelum tampil di Piala Asia 2023. Mereka menjajal kekuatan tim-tim Timur Tengah dan Afrika saat melakukan pemusatan latihan di Turki.

Rizky Ridho dkk telah menjalani uji coba lawan Libya, kemudian akan tampil melawan Iran pada Selasa (9/1/2024). Kedua tim ini bisa menjadi gambaran bagaimana kekuatan tim yang levelnya jauh di atas Indonesia.

Seperti diketahui, Iran merupakan tim kedua dengan ranking FIFA tertinggi di Asia, sementara Libya punya ranking lebih tinggi 21 peringkat dari Indonesia yang saat ini bertengger di peringkat 141.

3. Kepercayaan diri

Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Irak dalam pertemuan pertama Piala Asia 2023. Tim besutan Shin Tae Yong itu punya kesempatan besar untuk meraih kemenangan dan kepercayaan diri lewat pertandingan perdana.

Skuad Garuda yang relatif muda ini adalah kekuatan yang tak bisa diremehkan. Mereka tak bisa disebut mentah lantaran di klubnya masing-masing, para pemain tampil reguler.

Pengalaman atau jam terbang bisa saja jadi satu kendala, tetapi darah muda yang berada di Skuad Indonesia bisa menjadi kekuatan terbesar untuk bersaing di fase grup Piala Asia 2023.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.