Sukses

Prabowo Subianto Diyakini Akan Ungguli Lawan dalam Debat Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) bakal menggelar debat calon presiden dan wakil presiden ketiga, Minggu (7/1/2024) malam. Kali ini, materi debat terkait pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Liputan6.com, Medan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) bakal menggelar debat calon presiden dan wakil presiden ketiga, Minggu (7/1/2024) malam. Kali ini, materi debat terkait pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumut pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ade Jona Prasetyo mengatakan, materi ini tentunya sangat dikuasai Prabowo Subianto.

"Pak Prabowo diyakini akan mengungguli kedua pesaingnya dalam debat nanti," kata Ade Jona ketika dimintai tanggapannya.

Menurutnya, selain saat ini menjadi Menteri Pertahanan RI, Prabowo merupakan salah satu jenderal terbaik di Indonesia yang telah berpengalaman dalam mengemban berbagai tugas penting saat menjadi militer aktif.

"Masyarakat Kota Medan beserta TKD Prabowo-Gibran Sumut sudah tidak sabar menunggu debat. Masyarakat sangat antusias menyambut debat," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sangat Paham Pertahanan dan Keamanan

Ade Jona Prasetyo juga meyakini Prabowo akan memaparkan secara detail terkait apa yang dilakukan untuk pertahanan dan keamanan Indonesia nantinya. Sebab, diyakini sangat paham betul dibandingkan capres lainnya.

"Pak Prabowo sangat paham dengan materi debat Pilpres ketiga ini. Beliau pastinya akan mudah menjawab materi-materi serta pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan tema debat tersebut," ucapnya.

Pria yang berstatus Caleg DPR RI Dapil Sumut 1 dari Partai Gerindra ini juga sangat yakin Prabowo bisa memberikan gagasan-gagasan untuk pertahanan, keamanan, hubungan internasional maupun geopolitik yang baik dalam debat nanti.

"Indonesia sebagai negara kepulauan yang luas, serta memiliki sumber daya alam yang berlimpah, sangat penting memiliki pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik yang baik," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Menjaga Sumber Daya Alam

Menurut Ade Jona, gagasan-gagasan yang akan disampaikan Prabowo nantinya tidak terlepas sebagai upaya menjaga Sumber Daya Alam (SDA) tetap aman dan tidak berpengaruh negatif oleh negara luar untuk Indonesia. Sebab, berdampak pada kerugian besar untuk Indonesia.

"Masyarakat Indonesia, terkhusus masyarakat Sumut harus meyakini Prabowo-Gibran sangat pantas memimpin Indonesia ke depan," kata pria yang juga menjabat Ketua HIPMI Sumut itu.

Untuk memeriahkan acara debat pilpres ketiga, TKD Prabowo-Gibran Sumut menggelar acara nonton bareng (nobar) yang akan diadakan di Kantor TKD Prabowo-Gibran Sumut, Jalan Balai Kota, Medan. Nobar akan dihadiri jajaran TKD Sumut dan terbuka untuk masyarakat umum.

4 dari 4 halaman

Debat Ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan Jakarta

KPU RI menghelat rapat finalisasi tentang debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Rabu (3/1/2024). Hasilnya, lokasi debat untuk calon presiden (Capres) itu disepakati di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu, 7 Januari 2024.

"Ya debat ketiga Pilpres 2024 akan bertempat di Istora Senayan Jakarta,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI Jakarta, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Rabu, 3 Januari 2024.

Selain lokasi, KPU juga mengumumkan dua nama moderator yang akan memandu jalannya debat capres kedua tersebut. Mereka adalah Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki.

Diketahui, Ariyo Ardi adalah seorang jurnalis senior dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang penyiaran, pembawa acara, hingga pemimpin redaksi di GTV sejak 2020 hingga saat ini. Ariyo juga tercatat pernah menjabat sebagai Deputi Editor di iNews TV dan RCT sebagai eksekutif produser dan anchor. Sebelum bergabung dengan MNC group, Ariyo pernah berkarir di TV one dan SCTV.

Sedangkan Anisha Dasuki yang diketahui lulusan Universitas Katolik Parahyangan Bandung ini mengawali karirnya sebagai jurnalis pada 2009 sebagai pembawa acara di Metro TV.Kemudian, pada tahun 2016, Anisha bergeser ke MNC group dan membawakan sejumlah acara di iNews. seperti iNews Petang, iNews Room dan Talk to iNews.

Sebagai informasi, selain info tempat dan moderator, KPU juga merilis 11 nama panelis. Mereka nantinya akan menjalani proses karantina mulai pada 5 Januari 2024.

"Ya akan dikarantina 5 Januari," kata August memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.