Sukses

Rumor 3 Klub Ini Pinang Asnawi Mangkualam Usai Cabut dari Jeonnam Dragons, Ada Persib

Selain Asnawi Mangkualam, klub yang berasal dari Gwangyang, Korea Selatan itu tak memperpanjang kontrak 12 pemain lainnya untuk berlaga di K League 2 musim mendatang.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam resmi berpisah dengan klub K League 2 atau kasta kedua Korea Selatan Jeonnam Dragons. Kabar ini diketahui lewat unggahan di media sosial Instagram @jeongnamdragons_fc pada Selasa (2/1/2024).

Selain Asnawi Mangkualam, klub yang berasal dari Gwangyang, Korea Selatan itu tak memperpanjang kontrak 12 pemain lainnya untuk berlaga di K League 2 musim mendatang.

"Terima kasih kepada para pemain, termasuk Asnawi Mangkualam, yang bermain untuk Jeonnam Dragons dan telah mengakhiri kerja sama. Terima kasih atas semua aktivitas yang telah kalian tunjukkan di Jeonnam Dragons selama ini dan kami menghargainya," tulis @jeonnamdragons_fc.

Pemain bernama lengkap Asnawi Mangkualam Bahar itu bergabung dengan Jeonnam Dragons pada awal musim lalu. Ia direkrut seusai dua musim berseragam Ansan Greeners.

Berkat potensinya itu, Asnawi menjadi andalan Jeonnam Dragons dengan mencatatkan 27 penampilan dengan mengemas dua asis, lima kartu kuning, dan satu kartu merah.

Berpisahnya Asnawi dengan Jeonnam Dragons membuat publik berspekulasi klub mana yang akan ditujunya pada bursa transfer awal musim nanti. Banyak yang menganggap eks pemain PSM Makassar itu akan berlabuh di tim Indonesia, namun banyak juga yang bilang kalau dia akan tetap berkarier di Korea Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Klub

Dari informasi yang beredar, Asnawi sudah dihubungi sejumlah klub Korea Selatan maupun Indonesia. Berikut ini tiga klub yang dikabarkan tengah menjalin komunikasi dengan Asnawi Mangkualam.

1. Seoul FC

Klub pertama yang dikabarkan tengah memantau Asnawi adalah Seoul FC yang berkompetisi di Divisi Utama K League. Klub yang bermarkas di Stadion Seoul itu menyelesaikan musim ini dengan finis di peringkat 7 papan klasemen dengan torehan 47 poin dari 33 pertandingan yang dijalani.

Seoul FC nampaknya saat ini akan memantau Asnawi di turnamen Piala Asia 2023. Bila penampilannya baik, bukan mustahil kapten Timnas Indonesia itu akan tampil di kasta tertinggi Liga Korea Selatan musim depan.

2. Suwon FC

Selain Seoul FC, klub K League 1 lainnya Suwon FC dikabarkan tertarik mengincar tanda tangan Asnawi Mangkualam pada bursa transfer awal musim nanti.

Menariknya lagi, Suwon FC sedang mengincar rekan Asnawi di Timnas Indonesia yakni Pratama Arhan. Itu artinya bukan mustahil jika keduanya akan tampil bersama di klub yang sama musim depan.

3. Persib Bandung

Dari dua tim Korea Selatan yang tertarik mendatangkan penggawa Timnas Indonesia itu, klub Indonesia Persib Bandung dikabarkan kepincut untuk bersaing mendapatkan tanda tangan Asnawi Mangkualam.

Tim Liga 1 itu kabarnya sedang menjalin komunikasi untuk mendatangkan Asnawi ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Opsi ini bisa diambil Asnawi jika tidak ada peminat yang mau memakai jasanya musim depan.

Namun untuk bergabung ke klub Liga 1, Asnawi masih harus menunggu sampai kompetisi usai sekitar April atau Mei 2024 mendatang.

Asnawi Mangkualam saat ini diboyong ke Turki untuk melakukan pemusatan latihan Timnas Indonesia. Latihan itu dicanangkan untuk menyongsong ajang Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Penampilan Asnawi di Piala Asia 2023 nanti akan sangat menentukan apakah dia akan mendapat klub di Korea Selatan lagi, atau pulang kampung ke Indonesia main di Liga 1.

(Taufif Syarifudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini