Sukses

Sapaan Adat dan Ribuan Pendukung Sambut Kedatangan Gibran di NTT

Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tiba di Bandara El Tari Kupang, Jumat 29 Desember 2023 malam sekira pukul 20.00 WITA

Liputan6.com, Kupang - Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tiba di Bandara El Tari Kupang, Jumat 29 Desember 2023 malam sekira pukul 20.00 WITA.

Kedatangan Gibran Rakabuming Raka didampingi istrinya Selvi Ananda disambut ribuan pendukung. Selain relawan, hadir juga sejumlah Ketua Partai Koalisi Indonesia Maju seperti Esthon Foenay, Inche Sayuna, Fernando Soares, Christian Widodo, dan Gavriel Novanto.

Di pintu kedatangan bandara, Gibran disambut sapaan adat Basan dari Suku Helong.

Basan adalah penuturan doa atau bahasa syair adat suku Helong yang biasanya dituturkan saat peresmian rumah atau penyambutan tamu penting.

Usai ritual adat, Gibran dan rombongan beriringan menuju pusat Kota Kupang, mereka disambut ribuan relawan dan simpatisan yang sudah menunggu di sepanjang jalan Adisucipto Penfui.

Para pendukung pun berkonvoi kendaraan roda dua dan empat, dari Penfui menuju tempat konser musik yang digelar oleh relawan Prabowo-Gibran di Kupang Waterpark dan Jalan El Tari Kupang.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Labuan Bajo

Usai menghadiri kegiatan konser, Gibran dijadwalkan langsung terbang dan bermalam di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk selanjutnya melaksanakan kegiatan kampanye di Labuan Bajo.

Ketua TKD Prabowo Gibran NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena, mengatakan, kunjungan Cawapres Gibran itu diagendakan oleh relawan Solmet dan Forum Pemuda Kupang, tetapi seluruh elemen TKD baik di Manggarai Barat dan TKD Provinsi NTT dan Kota Kupang akan berkolaborasi secara maksimal demi kelancaran kunjungan Gibran di NTT.

"Seluruh caleg DPR RI, DPRD NTT dan DPRD Kota dan Kabupaten dari semua partai Koalisi Indonesia Maju dikerahkan untuk mendukung agenda kunjungan Mas Gibran baik di Kota Kupang dan Labuan Bajo," ujar Ketua DPD I Golkar NTT itu.

Rencana awalnya Gibran diagendakan mengunjungi beberapa tokoh agama, tetapi setelah dilakukan koordinasi para tokoh agama berhalangan.

“Bapa Uskup sedang di Manado, Ketua MUI dalam kondisi kurang sehat dan ibu Ketua Sinode juga berhalangan. Jadi untuk kunjungan ke para tokoh Agama akan dijadwalkan ulang saat kehadiran Bapak Prabowo Subiyanto pada Januari 2024,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.