Sukses

Begini Cara Pelindo Memaksimalkan Potensi pemasaran UMK Binaan

Partisipasi aktif UMK binaan Pelindo dalam event pameran tidak hanya membuka peluang pemasaran produk-produk unggulan, tetapi juga menjadi pendorong bagi peningkatan transaksi yang mendukung peningkatan kualitas UMK secara menyeluruh.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo terus mengembangkan peluang bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) binaan untuk memperluas pasar produk mereka. Dalam upaya mencapai tujuan ini, perusahaan aktif mendorong UMK mengikuti pameran dan ekspo guna mengenalkan produk-produk unggulan kepada pasar yang lebih luas.

Salah satu pencapaian terbaik adalah ketika Pelindo memfasilitasi 14 UMK binaan dalam pameran Trade Expo Indonesia 2023, pertengahan Oktober lalu. Selama lima hari pameran, 14 UMK berhasil mencatat omset penjualan langsung senilai Rp426,9 juta.

Tidak hanya itu, empat UMK juga mencatatkan potensi order penjualan B2B (business to business) senilai Rp6,15 miliar. Pada kesempatan tersebut, booth Pelindo bersama 14 UMK binaan mendapatkan penghargaan sebagai salah satu booth terbaik kategori F&B (food and beverage), dari Kementerian Perdagangan sebagai penyelenggara.

Partisipasi aktif UMK binaan Pelindo dalam event pameran tidak hanya membuka peluang pemasaran produk-produk unggulan, tetapi juga menjadi pendorong bagi peningkatan transaksi yang mendukung peningkatan kualitas UMK secara menyeluruh.

"Langkah ini sejalan dengan komitmen Pelindo dalam memajukan UMK yang lebih bermutu, kompetitif, dan mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional," ujar Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny, Kamis (21/12/2023) dalam keterangannya.

Ali Mulyono, Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo menambahkan, komitmen Pelindo dalam mendukung keberlangsungan UMK tercermin dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perusahaan, dengan fokus pada pendidikan, lingkungan, dan pengembangan UMK.

“Dukungan Pelindo terhadap UMK merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menjawab tantangan target Sustainable Development Goals (SDGs), terutama dalam poin ke-8 yang menitikberatkan pada pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif, serta pekerjaan yang layak,” ucapnya.

Sebelumnya, pada September lalu, Pelindo bersama Rumah BUMN mengikuti pameran China–ASEAN Expo ke-20 di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Kota Nanning (Ibu Kota Provinsi Guangxi), China. Eksibisi China–ASEAN Expo (CAEXPO ) adalah salah satu pameran terbesar di China yang menjadi wadah promosi kerja sama antara China dan ASEAN, khususnya di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Dalam pameran ini Pelindo menyertakan produk enam UMK binaan di Paviliun Indonesia yang menjadi pusat promosi berbagai produk Indonesia. Produk-produk yang dipamerkan merupakan produk UMK terbaik yang ikut dalam Program Inkubasi Gedor Ekspor, dan lolos seleksi Rumah BUMN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini