Sukses

Jangan Salah Pilih, Ini Minuman yang Baik Dikonsumsi Sehabis Makan untuk Bantu Pencernaan

Minuman yang baik sehabis makan akan membantu tubuh tetap terhidrasi agar pencernaan tetap nyaman saat beraktivitas

Liputan6.com, Yogyakarta - Setelah makan jangan lupa minum. Ini dimaksudkan agar tubuh tetap terhidrasi agar pencernaan tetap nyaman saat beraktivitas. Untuk itu ada sejumlah minuman yang direkomendasikan setelah makan untuk mengurangi peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan usus.

Dikutip dari Healthline masalah yang timbul jika pencernaan tidak sehat adalah perut berbunyi, gas dalam perut yang menyakitkan, hingga buang air besar yang tidak nyaman. Itu merupakan sebuah pertanda jika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik.

Untuk itu, menemukan minuman yang tepat untuk menenangkan saluran pencernaan adalah hal wajib. Utamanya minuman tersebut yang dapat meningkatkan kesehatan usus, dan mendorong penyerapan nutrisi.

Misalnya; air hangat dan kombucha dapat membantu pencernaan, tetapi sebaiknya menghindari alkohol atau minuman berkarbonasi dalam jumlah berlebihan jika sedang mengalami masalah pencernaan.

Perubahan gaya hidup lainnya juga dapat membantu jika masalah terus berlanjut.

Apa yang harus diminum setelah makan untuk membantu pencernaan?

Saat makanan atau cairan masuk ke dalam tubuh, ia mengalir ke kerongkongan ke perut tempat makanan tersebut dipecah oleh enzim pencernaan. Dari sana, ia memasuki usus dimana nutrisi diserap ke dalam aliran darah.

Selama proses ini, bakteri di usus berperan penting dalam fungsi pencernaan. Faktanya, gangguan pada bakteri usus dikaitkan dengan obesitas dan penyakit radang usus.

Air dan serat juga penting dalam proses ini membantu membuang limbah melalui saluran pencernaan dan melancarkan buang air besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minuman yang Baik Sehabis Makan

Minuman baik setelah makan yang mendorong penyerapan nutrisi, meningkatkan kesehatan usus, dan membantu mencegah peradangan di usus meliputi:

1. Air hangat: Selain pentingnya untuk pencernaan, penelitian menunjukkan air hangat dapat membantu bakteri usus.

2. Teh herbal dan berbumbu: Ini termasuk teh peppermint, teh kunyit, teh jahe, dan teh adas. Ramuan dan rempah-rempah dalam teh dapat mengurangi peradangan dan meredakan gejala gangguan pencernaan.

3. Jus plum: Penuh serat, minuman ini dapat melancarkan buang air besar.

4. Jus atau smoothie hijau: Minuman ini kaya akan air dan serat, yang dapat membantu membuang kotoran dengan lancar melalui sistem pencernaan.

5. Kombucha: Sumber banyak probiotik, penelitian menunjukkan minuman ini juga dapat membantu penyerapan nutrisi.

6. Kefir: Penuh dengan probiotik, minuman fermentasi ini mengandung berbagai nutrisi penting.

(Taufiq Syarifudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini