Sukses

Serupa tapi Tak Sama, Perbedaan Mie Koclok Cirebon dan Mie Kocok Bandung

Kedua kuliner tradisional tersebut hadir sebagai salah satu pilihan menu yang siap menjawab rasa lapar pengunjung yang sedang berlibur

Liputan6.com, Cirebon - Mie menjadi salah satu sajian kuliner khas yang ada di setiap daerah. Seperti di Cirebon dan Bandung memiliki dua kuliner khas yang serupa tapi tak sama.

Dua kuliner yang sama-sama menggoyang lidah tersebut bernama Mie Koclok Cirebon dan Mie Kocok Bandung. Kedua kuliner ini terbuat dari bahan mi yang diolah sendiri oleh penjualnya.

Keduanya hadir sebagai salah satu pilihan menu yang siap menjawab rasa lapar seseorang. Namun demikian, baik mie koclok Cirebon maupun mie kocok Bandung memiliki perbedaan.

Banyak orang yang terkecoh dengan penyebutan makanan ini, antara "mie kocok" dengan "mie koclok" terdengar sangat mirip. Namun, mie kocok dan mie koclok selain memiliki perbedaan nyata dari daerah asalnya, masih banyak perbedaan lainnya seperti hal tekstur kuahnya.

Mie kocok merupakan sajian mi khas Indonesia yang memiliki variasi unik di berbagai daerah. Meskipun keduanya tampak serupa, terdapat perbedaan signifikan dalam bumbu, cara penyajian, dan cita rasa.

Bumbu dan Kuah

Kuah Mie Kocok Bandung terkenal kental dan gurih, disajikan dengan campuran daging sapi rebus, taoge, kikil, dan irisan daun bawang serta seledri. Bumbu kacang dan kecap manis turut memberikan karakteristiknya yang khas.

Sementara Mie Koclok Cirebon, kuahnya lebih bening dan segar, umumnya menggunakan kaldu ayam. Daging ayam disuwir halus dan dicampur dengan taoge, soun, dan potongan daun seledri.

Bumbu koclok khasnya terbuat dari petis udang, bawang putih, dan bumbu lain yang memberikan sentuhan asam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan

Jenis Mie

Mie Kocok Bandung menggunakan mie kuning yang biasanya direbus terpisah dan disajikan bersama bahan pelengkap. Sementara Mie Koclok Cirebon digunakan biasanya mie kuning telur yang dimasak langsung dalam kuahnya sehingga meresap citarasa kuah koclok.

Proses Penyajian

Mie Kocok Bandung biasanya disajikan dengan mi yang sudah direbus terlebih dahulu, kemudian ditaruh dalam mangkuk bersama bahan pelengkap, dan kuah kentalnya dituangkan di atasnya.

Mie Koclok Cirebon proses penyajiannya lebih sederhana, mi dimasak langsung dalam kuahnya dan disajikan dalam mangkuk tanpa proses penyajian terpisah.

Dengan perbedaan yang mencolok ini, kedua jenis mi kocok tersebut memberikan pengalaman kuliner yang unik dan memuaskan bagi para penikmat kuliner Indonesia.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.