Sukses

Perhatikan Tips Ini Agar Terhindar dari Kecelakaan Saat Mengendarai Sepeda Motor di Musim Hujan

Berkendara motor saat musim hujan membutuhkan kehati-hatian ekstra karena kondisi jalan yang licin dan penglihatan yang terbatas. Berikut beberapa tips mengendarai motor dengan aman selama musim:

Liputan6.com, Gorontalo - Sejumlah daerah di indonesia kini mulai memasuki musim hujan. Bagi pengguna sepeda motor, diharuskan lebih ekstra hati-hati saat berkendara, terlebih dengan jalanan yang licin atau bahkan tergenang air.

Berkendara motor saat musim hujan membutuhkan kehati-hatian ekstra karena kondisi jalan yang licin dan penglihatan yang terbatas. Berikut beberapa tips mengendarai motor dengan aman selama musim:

Pastikan pengendara mengenakan perlengkapan pelindung seperti helm, jaket tahan air, sarung tangan, sepatu dan pelindung lutut yang semuanya tahan air. Ini tidak hanya melindungi Anda dari cuaca, tetapi juga dari cedera dalam kecelakaan.

Pastikan motor kalian dalam kondisi baik sebelum berkendara. Periksa rem, lampu, ban, dan sistem lainnya secara rutin. Pastikan ban motor dalam kondisi baik dan memiliki daya cengkram yang memadai.

"Biasanya, kondisi ban yang aus dapat menyebabkan kehilangan cengkraman aspal. Terutama di jalan basah dan itu mengakibatkan kecelakaan," kata Iwan, salah satu anggota Komunitas Motor di Kota Gorontalo kepada Liputan6.com Kamis, (14/12/2023).

Selain itu, pengendara harus memperhatikan laju kendaraan. Berkendara lah lambat dari biasanya ketika hujan. Kecepatan yang lebih rendah memberi kalian lebih banyak waktu untuk merespons dan mengurangi risiko kecelakaan.

Berkendara dengan cenderung lambat mampu menjaga jarak aman dari kendaraan lain yang ada di depan. Dengan begitu, pengendara lebih banyak waktu untuk merespons jika terjadi sesuatu.

"Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi saat musim hujan. Amit-amit jika terjadi apa-apa, maka kalian bisa menghindar," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Cuaca

Berkendara di musim hujan kata Iwan, hindari penggunaan rem mendadak. Penggunaan rem di kondisi basah biasanya dapat menyebabkan ban terkunci dan kehilangan kendali. Jika ban terkunci dalam kondisi licin, maka bisa dipastikan ban motor akan tergelincir

"Lakukan pengereman dengan lembut dan bertahap. Gunakan rem hanya di kondisi darurat," katanya.

Contoh penggunaan rem saat menghindari genangan air yang dalam atau tidak diketahui. Genangan air biasanya menyembunyikan rintangan atau lubang yang berpotensi membahayakan pengendara.

Paling penting saat berkendara, perhatikan tanda-tanda cuaca buruk dan waspadai perubahan mendadak. Jika cuaca sangat buruk, pertimbangkan untuk menunda perjalanan jika memungkinkan.

"Ingatlah bahwa kehati-hatian dan kewaspadaan ekstra sangat penting saat mengendarai motor di musim hujan. Selalu prioritaskan keselamatan kalian dan pengguna jalan lainnya," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.