Sukses

Bau Menyengat, Ternyata Ini 4 Manfaat Durian untuk Kesehatan Tubuh

Buah durian ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tak heran jika buah ini dijuluki sebagai rajanya buah-buahan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Musim durian telah tiba. Buah dengan duri dan baru cukup menyengat ini adalah salah satu buah yang menjadi primadona banyak orang. Namun banyak juga yang tidak menyukai buah ini lantaran baunya.

Meski begitu, buah durian ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tak heran jika buah ini dijuluki sebagai rajanya buah-buahan.

Selain itu biji buah duran ternyata dapat dikonsumsi asalkan direbus dulu atau dipanggang. Nantinya tekstur dari biji durian akan lebih empuk dan dapat dimakan.

Sayangnya untuk mengupas durian cukup rumit. Bagi yang tidak terbiasa akan kesulitan lantaran duri yang ada di cangkangnya bisa menyebabkan luka.

Melansir Healthline, dari sebuah penelitian National Library of Medicine (NIH) menyebutkan seluruh bagian tanaman durian meliputi daun, kulit, akar, dan buah telah digunakan dalam pengobatan tradisional Malaysia untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam tinggi, penyakit kuning, dan kondisi kulit.

Berikut manfaat durian untuk kesehatan tubuh.

1. Melawan infeksi.

Kulit buah durian mengandung senyawa yang punya sifat antibakteri dan antiragi. Sehingga kulit durian dapat digunakan untuk melawan infeksi yang ada dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko kanker

Antioksidan yang terkandung dalam buah durian dapat menetralkan radikal bebas pemicu kanker. Dalam sebuah penelitian tabung reaksi, ekstrak durian mencegah penyebaran strain sel kanker payudara.

3. Mencegah penyakit jantung.

Durian punya sejumlah senyawa yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan arteri. Dengan mengurangi kolesterol, dapat mengantisipasi penyakit jantung.

4. Menurunkan gula darah.

Durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah dibandingkan buah-buahan tropis lainnya, yang berarti durian dapat meningkatkan kadar gula darah lebih sedikit.

(Taufiq Syarifudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini