Sukses

7 Fakta Menarik The Boy and The Heron, Film Studio Ghibli Akan Tayang 13 Desember 2023

Film anime karya Hayao Miyazaki ini sukses meraup pemasukan sebesar 13,2 juta dolar Amerika Serikat di minggu pertama penayangannya. The Boy and The Heron menjadi film animasi ketiga yang berhasil menduduki posisi puncak box office di AS dan Kanada.

Liputan6.com, Yogyakarta - The Boy and The Heron menduduki puncak box office Amerika Utara minggu ini. Animasi dari Studio Ghibli ini tayang perdana pada 8 Desember 2023 di bioskop Amerika Utara, sementara akan tayang pada tayang mulai 13 Desember 2023 di bioskop Indonesia.

Film animasi ini disutradarai Hayao Miyazaki, sang maestro animasi Jepang. The Boy and the Heron berhasil meraup pendapatan sangat besar.

Film anime karya Hayao Miyazaki ini sukses meraup pemasukan sebesar 13,2 juta dolar Amerika Serikat di minggu pertama penayangannya. The Boy and The Heron menjadi film animasi ketiga yang berhasil menduduki posisi puncak box office di AS dan Kanada.

Sebelum nonton, berikut fakta menarik film The Boy and The Heron.

1. Sinopsis The Boy and The Heron

Film The Boy and The Heron bercerita tentang Mahito Maki. Ia adalah seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun yang hidup di Jepang pada masa Perang Dunia II.

Selama Perang Pasifik pada 1943, ibu Mahito Maki tewas dalam kebakaran rumah sakit di Tokyo. Setahun kemudian, ayah Mahito yang merupakan seorang pemilik pabrik amunisi udara, menikah lagi dengan adik perempuan mendiang istrinya, Natsuko.

Mereka mengungsi ke pedesaan dan bersama beberapa perawan tua. Mahito berjuang di pedesaan sambil terus bergulat dengan kesedihan.

Ia kerap diganggu oleh burung heron alias bangau abu-abu misterius. Hubungan Mahito dengan ibu tirinya yang sedang hamil juga tak begitu baik.

Suatu hari, Mahito mengejar burung heron tersebut hingga ke menara yang hancur dan tersegel di hutan dekat rumah. Dia membuat busur dan anak panah dari bulu burung heron tersebut dan menghadapi petualangan yang seru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Film Tanpa Promosi

2. Film Tanpa Promosi

Berbeda dengan mayoritas studio film yang akan membuat promosi besar-besaran, Studio Ghibli justru nyaris tidak melakukan promosi apa pun. Tidak ada iklan promosi di televisi ataupun media sosial.

Satu-satunya yang studio ini berikan hanyalah tanggal perilisan dan poster. Strategi tanpa promosi ini rupanya sengaja dilakukan karena pihak Studio Ghibli tidak ingin penonton menebak jalan cerita, sehingga unsur magis dan menarik dari film tidak akan berkurang.

3. Diadaptasi dari Kisah Klasik Jepang

Film The Boy and The Heron terinspirasi oleh salah satu buku favorit masa kecil Miyazaki, yaitu novel How Do You Live? karya Genzaburō Yoshino. Novel ini rilis pertama kali pada 1937 dengan cerita kehidupan anak laki-laki yang mencoba bertahan dan menjadi dewasa setelah kepergian sang ayah.

Meski begitu, jalan cerita film animasi Studio Ghibli ini tidak terhubung dengan novel tersebut.

4. Kenshi Yonezu membuat OST

Penyanyi sekaligus penulis lagu populer, Kenshi Yonezu, terlibat di film terbaru Ghibli ini. Yonezu menjadi sosok yang membuat dan menyanyikan original soundtrack (OST) film The Boy and the Heron berjudul "Chikyugi" atau dalam bahasa Inggris berarti "Spinning Globe".

Lagu ini kental akan nuansa sedih dan emosional dengan lirik penuh makna. Yonezu sendiri membuat lagu ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungannya untuk Miyazaki yang selama ini telah banyak menginspirasinya.

 

3 dari 3 halaman

Aktor Populer

6. Diisi Oleh Aktor Populer

Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris Jepang ternama, seperti Soma Santoki, Masaki Suda, Ko Shibasaki, Aimyon, Yoshino Kimura, Takuya Kimura, Kaoru Kobayashi, dan Shinobu Otake. Dalam Bahasa Inggris, film ini diisi dengan nama-nama besar dari Hollywood.

Mereka adalah Luca Padovan, Robert Pattinson, Karen Fukuhara, Gemma Chan, Christian Bale, Mark Hamill, Florence Pugh, Willem Dafoe, hingga Dave Bautista.

7. Rating Tinggi

Film The Boy and The Heron juga mendapat skor tinggi dari situs-situs ulasan film, seperti IMDb, Rotten Tomatoes, dan Metacritic. Film ini juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai Film Animasi Terbaik dalam The New York Critics Circle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini