Sukses

Gen Z Wajib Paham, Ini Alasan Digital Marketing Penting untuk Kolaborasi Bisnis Tanpa Batas

Sebagai generasi Z yang tumbuh dan berkembang bersama teknologi digital, digital marketing memiliki berbagai manfaat bagi Gen Z. Digital marketing dapat membantu gen Z bersaing di dunia kerja.

Liputan6.com, Yogyakarta - Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan yang signifikan dalam lanskap bisnis. Kemajuan teknologi tersebut juga membuat cara baru bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya, yakni menggunakan teknik digital marketing.

Lalu, mengapa digital marketing penting dipelajari? Digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling penting bagi setiap brand saat ini.

Sebab, digital marketing memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu brand untuk mencapai tujuan bisnisnya, baik dari segi branding, penjualan, maupun hubungan dengan konsumen. Tidak hanya pemilik brand, digital marketing juga penting dipelajari oleh gen Z.

Sebagai generasi Z yang tumbuh dan berkembang bersama teknologi digital, digital marketing memiliki berbagai manfaat bagi gen Z. Digital marketing dapat membantu gen Z bersaing di dunia kerja.

Di dunia kerja, digital marketing menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari oleh perusahaan. Perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki keterampilan digital marketing untuk dapat mengembangkan bisnis mereka di era digital.

Digital marketing juga dapat membantu gen Z untuk menjadi konsumen yang cerdas. Konsumen memiliki akses yang lebih luas terhadap informasi dan produk, sehingga penting bagi generasi Z untuk memiliki keterampilan digital marketing agar dapat menjadi konsumen yang cerdas dan dapat membuat keputusan pembelian yang tepat.

Menurut Commisioner CanalClub Asian Ajian kamadeva, digital marketing juga menjadi salah satu kunci sukses dalam memulai bisnis sendiri bagi gen Z.

"Dengan menguasai digital marketing, generasi Z dapat membangun bisnis mereka sendiri dan menjangkau pasar yang lebih luas," kata Ajian di Yogyakarta, Sabtu (09/12/2023).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan di Era Digital

Kesadaran akan pentingnya digital marketing membuat komunitas pengusaha muda CanalClub Asia mengadopsi digital marketing sebagai salah satu strategi dalam pengembangan bisnisnya. Strategi berani ini diambil setelah menyadari UMKM dan produk lokal Indonesia memerlukan pertumbuhan yang berkelanjutan di era digital saat ini.

Langkah ini diwujudkan CanalClub Asia melalui workshop yang digelar pada 9 hingga 10 Desember 2023 di Yogyakarta. Bertajuk Digital Marketing Strategic Plan for Brand, workshop ini menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan dan bertumbuhnya komunitas bisnis CanalClub Asia.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 200 perusahaan rintisan anak anak muda di Indonesia. Pada workshop digital marketing CanalClub Asia ke-9 ini dibuka oleh dewan Penasehat KADIN DIY, Tazbir Abdullah.

Menurut salah satu founder CanalClub Asia Rifki Ali Hamid, CanalClub Asia berkomitmen untuk membangun ruang kolaborasi yang lebih luas. CanalClub Asia akan mengelaborasi berbagai potensi dari platform-platform digital guna memperkuat dan mendukung pertumbuhan yang berkesinambungan para member VIP CanalClub Asia.

Saat ini, CanalClub telah berhasil menciptakan kolaborasi dengan lebih dari 200 member dengan lebih 500 brand. Kolaborasi ini bertujuan menciptakan sinergi positif untuk pertumbuhan ekonomi nasional.

CanalClub menggunakan media sosial, kampanye periklanan online melalui Meta ads, dan teknik optimasi mesin pencari (SEO) dalam upaya membangun pertumbuhan perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.