Sukses

Profil Paul Argney, Kiper Terbaik Piala Dunia U-17 2023 dari Timnas Prancis U-17 

Pemain dengan nama lengkap Paul Antoine Robin Stanislas Argney itu hanya kebobolan tiga gol dalam tujuh pertandingans sejak fase grup.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kiper Prancis U-17 Paul Argney meraih penghargaan Golden Glove dan menjadi kiper terbaik Piala Dunia U-17 2023. Ia berhak mendapat penghargaan itu sebab menjadi kiper terbaik dengan catatan paling sedikit kebobolan sepanjang turnamen.

Pemain dengan nama lengkap Paul Antoine Robin Stanislas Argney itu hanya kebobolan tiga gol dalam tujuh pertandingans sejak fase grup. Satu gol saat berhadapan dengan Mali U-17 di semifinal, dan dua gol ketika melawan Prancis U-17 di babak final. Hasil ini membuatnya mencatatkan lima kali nirbobol di Piala Dunia U-17.

Sayangnya catatan apik itu belum bisa membawa Timnas Prancis U-17 membawa pulang gelar juara U-17. Mereka dipaksa menyerah lewat adu penalti dengan skor 2-2 (4-3) di Stadion Manahan Solo, Sabtu (3/12/2023).

Kendati belum beruntung menyabet gelar juara, Paul Argney tetap pantas dinobatkan sebagai kiper terbaik dalam turnamen ini.

Paul Argney adalah pemain binaan AS Jullouville-Sartilly kemudian pindah ke US Avranches Jgd pada pertengahan 2021 lalu. Kiper kelahiran 23 Mei 2006 ini kemudian mendapat panggilan seleksi Timnas Prancis U-16 tepat pada usianya yang masih 15 tahun saat itu.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seleksi Prancis U-16

Argney mengikuti seleksi pemain U-16 bersama 82 pemain lainnya. Ia pun dinyatakan lolos sebagai salah satu penjaga gawang terbaik dalam seleksi tersebut.

Talentanya kemudian mulai tercium oleh klub League 1 Le Havre AC. Klub itu merupakan salah satu klub tertua di Prancis dengan akademinya disebut salah satu yang sukses di Prancis.

Akademi Le Havre telah mengorbitkan sejumlah pemain bintang Prancis seperti Riyad Mahrez, Lassana Diarra, Dimitri Payet, Steve Mandanda, Carlos Kameni, hingga Paul Pogba.

Dalam sebuah laporan, bahkan talenta Paul Argney sudah dibidik Le Havre sejak usianya baru 12 tahun. Sayangnya saat itu keluarga memilih Argney untuk menimba ilmu di sekolah sepak bola perguruan tinggi Brecey.

Pada masa-masa itu, Paul Argney tak tanggung membuktikan kapasitasnya sebagai kiper. Ia berhasil menjadi kiper terbaik dalam kompetisi elit junior Prancis, Gardien du Tournoi National U17 Mahmoud Tiarci.

(Taufiq Syarifudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.