Sukses

4 Fakta Menarik Film 'Wish' yang Melibatkan Animator Indonesia

Film komedi musikal ini disutradarai oleh Chris Buck dan Fawn Veerasunthorn. Chris sebelumnya mengerjakan film animasi Frozen, sementara Fawn mengerjakan film Raya and the Last Dragon.

Liputan6.com, Yogyakarta - Film Wish menjadi salah satu karya spesial untuk merayakan 100 tahun Walt Disney. Sayangnya, film yang dirilis 22 November 2023 ini gagal berada di puncak box office.

Sebelumnya, Wish diharapkan dapat memuncaki box office pada akhir pekan libur Thanksgiving. Meski begitu, kehadiran film Wish membuat bangga masyarakat Indonesia.

Pasalnya, Disney's Wish melibatkan animator Indonesia untuk menjadi bagian dari proses produksi film ini, yaitu Griselda Sastrawinata.

Tidak hanya itu, berikut sederet fakta film Wish yang menarik untuk disimak.

1. Sinopsis Film Wish

Film komedi musikal ini disutradarai oleh Chris Buck dan Fawn Veerasunthorn. Chris sebelumnya mengerjakan film animasi Frozen, sementara Fawn mengerjakan film Raya and the Last Dragon.

Wish bercerita tentang wilayah Kerajaan Rosas buatan Raja Magnifico dan istrinya Ratu Amaya. Raja mampu mengabulkan permintaan rakyatnya.

Setiap penduduk kerajaan memberikan permintaan kepada raja pada hari ulang tahun ke-18. Sebulan sekali, Raja Magnifico mengabulkan salah satu dari permintaan mereka.

Salah satu penduduk Rosas bernama Asha yang berusia 17 tahun, menjadi pelayan raja Magnifico dan bertepatan dengan ulang tahun ke-100 kakeknya.

Asha meminta sang raja untuk mengabulkan permintaan kakeknya yang sempat ditolaknya. Ternyata Asha menemukan, alasan raja untuk memilih itu palsu.

Setiap permintaan yang tidak dikabulkan tak dikembalikan kepada pemiliknya. Permintaan tersebut hilang selamanya.

Setelah Asha membuat permintaan pada bintang yang jatuh dari langit, ia berusaha menyelamatkan rakyat Rosas dari cengkeraman Raja Magnifico terhadap keinginan terdalam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gabungkan 2D dan 3D

2. Menggabungkan 2D dan 3D

Animasi Wish mencoba menggabungkan 2D dan 3D. Sutradara Chris Buck menginginkan animasi dari perpaduan dua periode ini. Alhasil, menciptakan tampilan visual yang menarik dan berbeda dari film-film Disney sebelumnya.

3. Pengisi Suara

Pengisi suara Wish antara lain Alan Tudyk sebagai Valentino, Ariana DeBose yang memerankan karakter utama Asha, dan Chris Pine sebagai Raja Magnifico. Pemeran lainnya termasuk Angelique Cabral sebagai Ratu Amaya, Victor Garber sebagai Sabino.

Adapun Natasha Rothwell sebagai Sakina, Jennifer Kumiyama sebagai Dahlia, Harvey Guillen sebagai Gabo, Niko Vargas sebagai Hal, Evan Peters sebagai Simon, Ramy Youssef sebagai Safi, Jon Rudnitsky sebagai Dario, dan Della Saba sebagai Bazeema.

4. Animator Asal Indonesia Griselda Sastrawinata Lemay

Griselda berperan sebagai Associate Production Designer. Ia juga berkontribusi dalam mendesain semua karakter utama, sekaligus bertanggung jawab dalam merancang kostum untuk karakter Asha, King Magnifico, Queen Amaya, Valentino, dan Star.

Salah satu fakta menarik yang terungkap yaitu dalam proses merancang kostum Asha ternyata membutuhkan lebih dari 80 kali percobaan. Asha, yang merupakan karakter utama, harus memiliki kostum yang menonjol, tetapi tetap dapat membaur dengan seluruh masyarakat di Kerajaan Rosas.

Griselda membutuhkan lebih dari 80 versi berbeda dari kostum Asha, sampai akhirnya pilihan jatuh pada desain yang kini dapat dilihat para penggemar film Disney.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini