Sukses

Lirik Hingga Makna Lagu Kala Sang Surya Tenggelam Ost Film Gadis Kretek

Gadis Kretek merupakan novel karya Ratih Kumala yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama

Liputan6.com, Jakarta Lagu berjudul Kala Sang Surya Tenggelam dinyanyikan Nadin Amizah pada soundtrack film Gadis Kretek kembali populer di masyarakat.

Sebelumnya, lagu Kala Sang Surya Tenggelam karya penyanyi populer Chrisye dirilis pada tahun 1978. Lagu tersebut kembali viral setelah dijadikan soundtrack (OST) serial Indonesia Kretek Girl. 

Gadis Kretek merupakan novel karya Ratih Kumala yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama. Jurnal ini merupakan salah satu dari sepuluh besar penerima Penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa 2012. 

Gadis Kretek lebih menggunakan cerita daripada dialog dan menonjolkan budaya Jawa, terutama yang berkaitan dengan gerakan industri Kretek pada masa-masa awal berdirinya Indonesia. 

Novel ini telah diadaptasi menjadi web series berjudul sama karya Kamila Andini dan Ifa Isfansyah yang akan tayang di Netflix pada tahun 2023 sebagai serial original Netflix pertama di Indonesia.

Lagu Kala Sang Surya Tenggelam mempunyai melodi yang merdu dengan nuansa yang indah dan melodi yang sedih sehingga sangat cocok dijadikan soundtrack serial Gadis Kretek. 

Musikal bertajuk Kala Sang Surya Tenggelam yang dipopulerkan mendiang Chrisye ini menceritakan kisah cinta tragis sepasang kekasih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lirik

Lagu ini menggambarkan dua kekasih yang harus memiliki hasrat satu sama lain dan menghadapi rintangan yang menanti mereka. Pasangan yang penuh kasih ini harus mengatasi banyak tantangan untuk tetap bersama. 

Demikianlah gambaran kisah cinta Dasiyah dan Soeraja di serial Gadis Kretek, dimana keduanya saling mencintai namun dirundung kesulitan.

Lirik "kala sang surya tenggelam"

Surya tenggelam 

Ditelan kabut kelam 

Senja nan muram 

Di hati remuk redam

Jalan berliku dalam kehidupan 

Dua remaja kehilangan 

Penawar rindu, kasih pujaan 

Menempuh cobaan

Malam mencekam

Rembulan sendu rawan

Anak perawan

Menanggung rindu dendam

Surya tenggelam

Ditelan kabut kelam

Senja nan muram

Di hati remuk redam

Jalan berliku dalam kehidupan

Dua remaja kehilangan

Penawar rindu, kasih pujaan

Menempuh cobaan

Penawar rindu, kasih pujaan

Menempuh cobaan

Surya tenggelam

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.