Sukses

Ajang Piala Dunia U-17 2023 di GBT Surabaya Terapkan Metode Pendekatan Ramah Anak

Ajang internasional Piala Dunia U-17 menjadi ajang ramah anak yang ingin menyaksikan para pemain sepak bola kelompok umur di tingkat dunia.

Liputan6.com, Surabaya - Ajang Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya menerapkan metode pendekatan ramah anak. Banyak penonton pada kategori anak-anak yang juga menyaksikan pertandingan ajang kompetisi kelompok umur tingkat dunia itu.

Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda Jatim, Kombes Pol Puji Santosa menyebut metode terbuka dan tertutup dengan melakukan pendekatan kepada penonton anak-anak.

"Kami menerapkan child friendly atau (pendekatan) ramah anak. Sehingga hal-hal yang bernuansa militer dan sebagainya kami sembunyikan. Kami siapkan di ring tiga, tidak kami tampilkan di depan," kata dia di konferensi pers di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 di Grand Swiss Bel hotel, Surabaya, Rabu (15/11/2023).

Kombes Pol Puji menyebutkan terdapat pembagian lokasi pengamanan diterapkan berbeda dibanding menggelar kompetisi tanah air, pihaknya melakukan pengamanan laga Timnas U-17 tersebut sesuai dengan prosedur FIFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penambahan Personel Keamanan

"Biasanya kami tampilkan di depan seperti saat Liga 1 dan Liga 2. Saat kompetisi kami tampilkan di zona (ring) 1. Untuk kali ini kami bagi menjadi empat zona. Posisi Polri adalah di zona 2, 3, dan 4," tutur dia.

Sebanayak 350 personel anggota Polri dari mendapat latihan khusus di area stadion selama hari pertandingan. Mereka merupakan personel gabungan dari Brimob, Reserse, hingga Lalu Lintas sebagai Steward.

Tak hanya Stadion GBT, pengamanan juga dilakukan termasuk venue yang digunakan sebagai tempat latihan, yakni Stadion Gelora 10 November 2023, Lapangan THOR, dan Lapangan A-C Kompleks Stadion GBT.

"Personel dilibatkan mulai dari bandar Udara Internasional Juanda, pengamanan lokasi hotel dan latihan. Kemudian pengamanan rute serta di lokasi kegiatan di Stadion Gelora Bung Tomo," ucap dia.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-17 akan melakoni laga terakhir Grup A melawan Maroko di Stadion GBT, Kamis (16/11/2023) malam. 

"Pertandingan besok, kami siapkan 3.276 personel keamanan. Untuk di Stadion GBT berjumlah 2.886 personel yang terdiri dari gabungan TNI, Polri, dan Pemda. Sisanya sekitar 349 kita siapkan untuk pengamanan di rute," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.